Sama seperti yang hadir di Google Chrome, halaman New Tab di Edge Chromium memiliki sebuah komponen Search box yang dapat pengguna atur apakah itu akan memiliki behavior real search box, atau fake search box (fakebox).

Apa sih bedanya Real Search Box dan Fakebox?. Sedikit saya bahas, Real Search Box merupakan sebuah Search Box yang berfungsi layaknya Google Search (jika di Edge Chromium adalah Bing Search) secara langsung dan pengguna bisa langsung mengetikan pencarian sebuah query darisana tanpa dialihkan kedalam kolom address bar, sedangkan Fakebox memang secara fungsi sama saja, namun ketika pengguna mengetikan sesuatu pada kolom pencarian maka akan langsung di alihkan ke address bar.

Real Search Box
Fakebox / Fake Search Box, dimana ketika kita mengetikkan sesuatu di Search Box tersebut, kita akan dialihkan ke Address Bar/OmniBox, lalu Search Box sebelumnya akan menghilang

Di Edge Chromium, kita bisa mengatur behavior tersebut dengan sangat mudah tanpa harus masuk ke flags experimental page terlebih dahulu, dan tentu ini menjadi opsi baik, untuk kamu yang kurang suka dengan behavior tertentu.

Lalu bagaimana cara mengubah dan mengaturnya? berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Cara Mengatur Search Behavior (Real atau Fake Search Box) di Edge Chromium

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Edge Settings > Privacy, search and services.

Silahkan scroll kebawah dan klik pada bagian Address bar and search.

Cara cepatnya, kamu bisa masuk ke url edge://settings/search.

Langkah 2. Setelah masuk kehalaman edge://settings/search, silahkan kamu atur pada bagian Search on new tabs uses search box or address bar, dimana jika kamu mengatur ke address bar, itu search box tersebut akan menjadi fakebox, sedangkan jika mengatur ke Search box maka itu akan menjadi Real Search Box.

Jika diperhatikan, konfigurasi tersebut tidak terlalu sulit dan tidak menggunakan istilah fake atau real seperti yang sebelumnya hadir di Google Chrome, Sehingga dengan itu pengguna dapat dengan mudah memahami dan mengaturnya.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Real Search Box Pada Halaman New Tab Google Chrome

Nah silahkan dicoba kawan kawan, semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

  vivo V20 Indonesia: 4,999 Juta Dapat Apa..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.