Beberapa bulan lalu, saya pernah membuat sebuah artikel tutorial berjudul Cara Menghilangkan Box Pencarian di Halaman New Tab Chrome, namun semejak chrome 78, Box pencarian yang dulunya masih berupa real search box kini menjadi fakebox dan tidak bisa dihilangkan.

Apa sih bedanya Real Search Box dan Fakebox?. Sedikit saya bahas, Real Search Box merupakan sebuah Search Box yang berfungsi layaknya Google Search secara langsung dan pengguna bisa langsung mengetikan pencarian sebuah query darisana tanpa dialihkan kedalam kolom address bar, sedangkan Fakebox memang secara fungsi sama saja, namun ketika pengguna mengetikan sesuatu pada kolom pencarian maka akan langsung di alihkan ke address bar.

Fakebox
Real Search Box

Nah bisa dilihat bedanya pada gambar diatas. Dan jika kamu menggunakan Chrome 79, kamu bisa mengecek sendiri pada halaman New Tab kamu.

Cara Mengaktifkan Real Search Box Pada Halaman New Tab Google Chrome

Jika kamu kurang suka dengan Fakebox karena kamu sudah terbiasa dengan Real Search Box pada beberapa generasi Google Chrome sebelumnya, kamu bisa mengaktifkan kembali Real Search Box dengan sedikit langkah berikut.

Langkah 1. Seperti biasa, kamu harus menjalankan Chrome 79 atau yang lebih baru.

Langkah 2. Masukan alamat berikut pada address bar Chrome kamu.

chrome://flags/#ntp-realbox

Langkah 3. Set Value dari Default ke Enabled.

Setelah selesai, silahkan kamu relaunch Google Chrome yang kamu gunakan, dan setelah itu Fakebox akan digantikan dengan Real Search Box.

That’s it.

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.