Jika kalian misalkan sering mengatur Volume melalui Volume Control di Taskbar, tahukah kamu bahwa ada salah satu lagi trik unik yang bisa kalian coba, yaitu mengatur volume Windows 10 melalui Command Prompt alias CMD.

Nah lalu gimana sih menerapkan langkah ini? ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan, salah satunya adalah mendownload sebuah third party command line utility bernama SetVol yang bisa kamu download pada halaman berikut.

Setelah kamu mendownload file SetVol, kamu extract package zip tersebut, dan kamu akan menemukan dua file seperti ini didalamnya.

Selanjutnya buka Command Prompt, lalu masuk kedalam Directory dimana SetVol tadi disimpan.

Jika sudah masuk didalam directory tersebut, untuk menjalankan perintah mengontrol volume melalui Command Prompt kamu hanya perlu memasukan beberapa perintah berikut:

Masukan perintah setvol ? untuk melihat command lengkap.

Meningkatkan Volume

Untuk meningkatkan volume kamu hanya perlu memasukan perintah setvol +pesentasevolume misalkan setvol +20 untuk menambah volume 20%.

Untuk Loncat Ke Volume Tertentu

Misalkan kamu sekarang ada di volume 10%, kamu bisa loncat ke 90% hanya dengan menggunakan perintah setvol 90.

Untuk Mute Suara

Kamu bisa menggunakan perintah setvol mute untuk mematikan suara/mute.

Kebalikannya, untuk melakukan unmute kamu hanya perlu menggunakan perintah setvol unmute.

Untuk Mengurangi Volume

Kebalikan dari menambah, kamu bisa menggunakan perintah setvol -persentasevolume misalkan setvol -30 untuk mengurangi volume sejumlah 20%.

Dan sebagian perintah berkaitan dengan volume dan suara bisa kamu lihat dengan perintah setvol ? untuk membuka help dari command prompt utility ini.

Silahkan deh kamu coba sendiri, sekedar untuk bereksperimen dan coba coba saja. Lagian untuk penggunaan normal, cara ini tentunya ribet dan buat apa dilakukan juga kan.

Btw, langkah ini bisa dilakukan di Powershell juga, dan tidak memerlukan command prompt/powershell untuk berjalan sebagai administrator.

Sekali lagi kamu bisa mendownload third party command prompt utility setvol dihalaman resminya berikut atau direct download disini.

  Cara Dapat Token Listrik Gratis — Resmi dari PLN!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.