Home PC Cara Mengembalikan Volume Control Windows 7/8.1 pada Windows 10

Cara Mengembalikan Volume Control Windows 7/8.1 pada Windows 10

mengembalikanvolumecontrollama_ (0)

Tidak berbeda dengan versi Windows lainnya. Di Windows 10, kamu juga dapat melakukan banyak tweaking seperti mengedit registry untuk memunculkan fitur-fitur tertentu.

Setelah sebelumnya saya pernah membahas tentang tweak cara mendapatkan “Calendar and Date” lama. Kali ini, saya akan memberikan cara untuk mengganti Volume Control lama khas Windows 7/8.1 dengan melalui registry tentunya.

Pertama yang harus kamu lakukan tentunya membuka registry editor dengan cara membuka kotak RUN (WinKey + R) kemudian ketikan “Regedit“.

mengembalikanvolumecontrollama_ (1)

Setelah terbuka, navigasilah ke ‘HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion’. Pada key CurrentVersion klik kanan lalu pilih ‘New – Key‘ lalu beri nama “MTCUVC“.

Kemudian didalam Key MTCUVC, klik kanan lalu pilih ‘New – DWORD (32-bit) Value‘ dan beri nama “EnableMtcUvc“.

Setelah file tersebut terbuat, pastikan value dalam DWORD tersebut adalah ‘0‘. Karena memang secara default ketika file tersebut dibuat, valuenya adalah 0 maka kamu dapat langsung melihat Volume Control dengan cara mengaksesnya melalui Icon Volume pada taskbar.

Jika kamu tidak bisa membuka Volume Control sehabis melakukan pengeditan registry ini, cobalah untuk melakukan restart pada Explorer. Dan untuk mengembalikanya ke Volume Control Windows 10, cukup ganti valuenya dengan angka ‘1‘.

Tidak ingin repot-repot membuka registry?. Tenang, saya bisa memberikan cara yang tercepat dengan memalui Command Prompt as Admin. Dengan mengetikan perintah berikut.

reg add "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\MTCUVC" /v EnableMtcUvc /t REG_DWORD /d 0

mengembalikanvolumecontrollama_ (8)

That’s it! 😊

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.