Terkadang mungkin kamu ingin mengetahui berapa lama sistem telah berjalan semenjak dinyalakan (System Up time). Hal ini juga penting, terlebih bagi kamu yang bekerja sebagai administrator.

Mengetahui Berapa Lama Komputer Telah Menyala

Buka Task Manager (kamu dapat menggunakan shortcut Ctrl+Shift+Esc), lalu kamu dapat klik opsi “More details” jika tampilannya seperti dibawah ini.

Kemudian tampilan Task Manager akan berubah menjadi lebih detail. Kemudian navigasilah ke tab Perfomance lalu pilih opsi CPU. Kamu bisa melihat lamanya sistem berjalan pada menu Up time.

Cara lain yang juga dapat kamu coba adalah dengan melalui Command Prompt. Buka Command Prompt, lalu ketikan perintah net stats workstation.

Dari hasil output yang keluar, akan tertampil informasi berupa sejak kapan sistem menyala, sedikit berbeda dengan Task Manager yang menampilkan total waktu sistem telah menyala. Cara ini bisa kamu aplikasikan pada semua versi Windows baik dari Windows 7, Windows 8.x hingga Windows 10.

Selain mengetahui berapa lama sistem telah berjalan, kamu juga dapat melakukan hal lain pada Task Manager, dimana kamu bisa melihat aplikasi yang menggunakan koneksi internet secara background.

Baca : Cara Melihat Aplikasi yang Sedang Menggunakan Koneksi Internet di Windows 10

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.