Windows 10 datang dengan aplikasi antivirus bawaan yakni Windows Security (yang mana sebelumnya bernama Windows Defender). Jika kamu merasa curiga bahwa terdapat masalah yang berhubungan dengan virus, kamu dapat memanfaatkan Windows Security Center untuk menjalankan scanning untuk mencari apakah ada threat (ancaman) virus atau tidak.

Scan Virus di Windows 10

Untuk memulainya kamu dapat membuka Windows Security memalui tray untuk mengaksesnya secara cepat, atau dengan mengetikan Windows Security melalui Start Menu.

Pada halaman utama Windows Security, klik opsi Virus & threat protection.

Selanjutnya klik opsi Quick scan untuk memulai proses scanning. Proses ini akan cukup memakan waktu, meskipun demikian kamu tetap dapat mengoperasikan komputer seperti biasa. Nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa proses scanning selesai.

Setelah selesai, akan muncul hasil hari proses scan dimana jika terdapat ancaman, maka kamu dapat melihat informasinya secara detail melalui opsi Threat history.

Selain melalui quick scan, kamu juga dapat melakukan scanning secara mendetail melalui opsi Full Scan yang mana akan melakukan cek terhadap setiap komponen file yang ada pada Windows. Selain itu juga terdapat opsi Custom Scan dimana kamu dapat menentukan folder mana yang ingin dilakukan scanning.

That’s it!, itu dia cara melakukan scanning virus di Windows 10. Tetapi selain menanggulangi, kamu juga dapat melakukan pencegahan agar tidak berurusan dengan virus seperti tidak klik tautan yang mencurigakan pada email atau situs web dan Windows Security sendiri sudah cukup mempuni bagi pengguna Windows 10, dimana terdapat fitur real-time protection dimana akan melakukan pengecekan terus secara berkala.

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.