Home PC Cara Mengganti Default Boot Sistem Operasi di Windows

Cara Mengganti Default Boot Sistem Operasi di Windows

cara mengganti boot default di windows (1)

Menginstal lebih dari 1 sistem operasi (Dual Boot) merupakan salah satu opsi yang sering digunakan untuk mendapatkan suatu fitur pada suatu sistem operasi tanpa perlu mengganti OS lainnya.

Misalnya jika memiliki Windows 7, dan ingin memiliki Windows 10 (dengan segudang fitur baru didalamnya) tetapi tidak ingin mengganti OS sebelumnya. Maka opsi Dual Boot bisa menjadi solusi yang efektif.

Dan perlu kamu ketahui. Jika sudah menginstal lebih dari 1 sistem operasi, OS yang baru diinstal secara otomatis akan menjadi Default boot, dengan kata lain PC akan menggunakan OS tersebut jika kamu tidak memilih salah satu operasi dalam Boot menu. (Baca Juga : Cara Mengganti Nama Sistem Operasi pada Boot Menu di Windows 10)

Tetapi untungnya kita masih bisa mengganti default boot tersebut. Langsung saja, berikut cara-caranya.

Mengganti Default Boot Sistem Operasi

Pertama buka kotak RUN (WinKey + R), lalu ketikan msconfig.

cara mengganti boot default di windows (1)

Kemudian navigasilah ke tab Boot, lalu pilih salah satu sistem operasi yang ingin kamu jadikan sebagai default boot. Kemudian klik opsi Set as Default. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.

cara mengganti boot default di windows (2)

Untuk mendapatkan perubahan, sistem meminta untuk melakukan reboot ulang. Kamu bisa melakukan restart sekarang (setelah save semua pekerjaan) ataupun tanpa restart.

cara mengganti boot default di windows (3)

That’s it!

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.