Home Phone Cara Menggunakan “OTC Updater Tool” untuk Mengupdate Windows Phone

Cara Menggunakan “OTC Updater Tool” untuk Mengupdate Windows Phone

Cara Menggunakan “Over-the-Cable Updater” untuk Mengupdate Windows Phone / Windows 10 Mobile

Meskipun Microsoft sudah menegaskan bahwa Windows 10 Mobile tidak lagi menjadi fokus utama mereka, tetapi Microsoft menyatakan tetap berkomitmen untuk memberikan support terhadap pengguna Windows Phone — khususnya yang berhubungan dengan security update. Hal itu mereka buktikan — selain dengan merilis patch akan celah keamanan Wi-Fi KRACK lebih cepat dari iOS dan Android — juga dengan dirilisnya tool updater baru untuk Windows Phone agar tetap up-to-date.

Microsoft menamakannya Over-the-Cable (OTC) Updater Tool, yang bisa kamu gunakan untuk smartphone bersistem operasi Windows Phone 8.1 dan Windows 10 Mobile. Tool ini bakal otomatis mendeteksi seri Windows Phone kamu, dan menginstall update paling baru yang tersedia untuk smartphone kamu tersebut.

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan Over-the-Cable Updater Tool ini, silakan download langsung dari halaman official Microsoft berikut ini:

Download Over-the-Cable Updater Tool

 

Cara Menggunakan OTC Updater Tool

Ada hal penting yang perlu kamu ketahui seputar OTC Updater tool ini. Untuk menggunakannya Windows Phone / Windows 10 Mobile kamu harus versi final (non-insider), jadi jika masih berada di program insider, silakan keluar dari program Windows Insider melalui Settings > Update & Security > Windows Insider Programme > Stop Insider Preview Build.

Cara Menggunakan “Over-the-Cable Updater” untuk Mengupdate Windows Phone / Windows 10 Mobile

Jika build Windows 10 Mobile yang kamu gunakan adalah build Insider, maka kamu harus reset dulu menggunakan WDRT. Intinya, Windows Phone 8.1 / Windows 10 Mobile yang kamu gunakan haruslah versi public non-insider. (Baca: Cara Recovery Lumia dengan WDRT )

Windows Phone kamu juga harus dalam kondisi airplane mode, serta baterai dalam kondisi lebih dari 40%. Oh ya, PC kamu juga harus sudah terinstall .NET 4.0 ya, jika belum kamu bisa download disini.

Jika sudah memenuhi persyaratan tersebut, jalankan file OtcUpdaterZip.exe yang sudah kamu download sebelumnya, lalu tekan Browse dan pilih dimana kamu akan menyimpan tool tersebut.

Cara Menggunakan “Over-the-Cable Updater” untuk Mengupdate Windows Phone / Windows 10 Mobile

Setelah itu hubungkan Windows Phone dengan PC melalui kabel USB, dan buka hasil ekstrak OTC Updater Tool tadi. Jalankan otcupdater.exe

Cara Menggunakan “Over-the-Cable Updater” untuk Mengupdate Windows Phone / Windows 10 Mobile

OTC Updater Tool akan langsung mendeteksi seri Windows Phone kamu dan melakukan pengecekan apa ada update terbaru yang tersedia atau tidak. Jika ada maka update tersebut akan didownload ke PC untuk selanjutnya di-push ke Windows Phone. Tetapi jika tidak ada maka akan menampilkan tulisan bahwa tidak ada update yang tersedia untuk Windows Phone kamu.

Cara Menggunakan “Over-the-Cable Updater” untuk Mengupdate Windows Phone / Windows 10 Mobile

 

Kelebihan Update Melalui OTC Updater Tool

Sebenarnya, OTC Updater Tool ini bakal bermanfaat jika kamu punya lebih dari satu perangkat Windows Phone. Hal ini karena OTC Updater Tool bisa mengupdate beberapa Windows Phone sekaligus secara bersamaan. Plus, file update akan didownload di PC sekali, dan bisa digunakan di beberapa Windows Phone lain yang sesuai tanpa harus download ulang lagi.

Tool ini cocok digunakan oleh enterprise atau kalangan yang memiliki banyak perangkat Windows Phone tanpa ingin melakukan update satu per satu, dan tidak ingin download update di masing-masing perangkat berkali-kali. Cukup download update sekali menggunakan OTC Updater Tool ini, dan sebanyak apapun perangkat Windows Phone lain yang sesuai bisa kamu update tanpa harus download ulang lagi. Hal ini bisa terjadi karena file update yang didownload disimpan langsung di PC.

Tetapi, bagi kamu yang punya hanya satu atau dua Windows Phone saja, WinPoin lebih menyarankan kamu update OTA langsung dari smartphone. Lebih simple.

  Cara Mematikan Update Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.