Home Tutorial Cara Menggunakan Virtual Desktop di Windows 10 Layaknya Seorang Master

Cara Menggunakan Virtual Desktop di Windows 10 Layaknya Seorang Master

Salah satu fitur baru yang sangat bermanfaat (terutama bagi kamu yang programmer atau pekerjaan serupa yang membutuhkan beberapa workspace) di Windows 10 adalah Virtual Desktop. Ini memungkinkan kamu menciptakan workspace tambahan dan memudahkan kamu menciptakan layar terfokus agar bisa konsentrasi pada pekerjaan yang sedang dihadapi. Memang benar Windows 10 juga memudahkan kamu membagi layar hingga beberapa space sekaligus, tapi kemewahan virtual desktop adalah menampilkan layar penuh untuk workspace kamu, lalu dengan mudah beralih ke workspace lainnya jika diperlukan. Berikut tips untuk menggunakan Virtual Desktop layaknya seorang Master!

 

Atur Setting Sesuai dengan Preferensi Kamu

Kamu bisa menuju setting virtual desktop dengan membuka Settings > System > Multitasking. Atau bisa juga kamu menggunakan Cortana (atau Search untuk kamu yang menggunakan region Indonesia – Tombol kaca pembesar di sebelah ikon Windows) dan mengetikkan “Virtual Desktop”

Selanjutnya kamu bisa bereksperimen dengan berbagai setting yang ditawarkan.

Saya pribadi lebih suka kalau semua ikon aplikasi terbuka ditampilkan sehingga saya bisa beralih antar desktop tapi tetap seperti berada dalam bagian sebuah layar yang sangat besar.

 

Kuasai Shortcut

Untuk lebih memudahkan kamu mengoperasikan fitur multitasking Windows 10 ini, maka kamu harus menguasai shortcutnya. Berikut ini beberapa shortcut penting bagi virtual desktop.

WINDOWS + TAB: Masuk Task View dan mengakses virtual desktop.

WINDOWS + CTRL + PANAH KIRI dan WINDOWS + CTRL + PANAH KANAN: Beralih antar virtual desktop.

WINDOWS + CTRL + D: Membuat virtual [D]esktop baru.

WINDOWS + CTRL + F4: Menutup virtual desktop yang sedang kamu buka.

Oya, satu lagi, jika kamu membuka banyak aplikasi dan ingin beralih antar aplikasi dengan mudah, kamu bisa memanfaatkan tombol ALT + TAB.

Maka kamu akan mendapatkan tampilan keseluruhan aplikasi yang sedang kamu buka dan kamu bisa beralih antar aplikasi tersebut dengan tetap menahan tombol ALT + TAB, lalu menggunakan tombol panah, atau bisa juga dengan klik mouse.

 

Nah, itulah tips untuk menggunakan virtual desktop seperti layaknya seorang master. Apakah fitur ini membantu kamu lebih produktif? Tuangkan pendapat kamu di kolom komentar!

 

 

 

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta