image via Google

Jika kamu memiliki lebih dari satu sistem operasi (entah itu Windows dengan Windows, atau Windows dengan platform lain) yang terinstall, maka kamu akan mendapati layar (Windows Boot Manager) untuk memilih sistem operasi ketika booting.

Jika ingin, maka kamu bisa menghapus salah satu daftar dari sistem operasi yang tersedia. Contoh kasus bisa diambil ketika terdapat sistem operasi Linux dan Windows 10. Dimana kamu hanya ingin orang lain menggunakan Windows 10 saja. Maka menghapus entry boot Linux perlu dilakukan untuk mencapai hal tersebut.

Menghapus Boot Entry di Windows

  1. Buka Windows Run, kemudian ketikan msconfig.
  2. Navigasi ke tab Boot.
  3. Kemudian pilih salah satu entry sistem operasi yang ingin kamu hapus, kemudian pilih opsi Delete. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  4. Kamu bisa Restart sekarang atau nanti sesuai keinginan.
  5. Done.

Hal yang sama juga bisa kamu lakukan melalui Command Prompt.

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan perintah bcdedit untuk melihat daftar entry sistem operasi yang ada.
  3. Perhatian pada bagian identifier dan description guna untuk memilih entry mana yang ingin kamu hapus.
  4. Ketikan perintah bcdedit /delete {a2db9d23-4779-11e9-ac2c-ac19a1489db3} untuk menghapus entry. Pastikan kamu memasukan entry yang sesuai dengan identifier.
  5. Done.

Setelah proses selesai, maka kamu tidak akan lagi mendapati entry sistem operasi terkait pada halaman Windows Boot Manager.

Perlu diketahui bahwa menghapus ini tidak akan menghapus sistem operasi secara utuh. Sistem operasi tersebut tetap ada, hanya saja kamu tidak bisa lagi booting ke sistem operasi tersebut.

  Android 11 Mundur, Fitur Baru Twitter dan YouTube 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.