Home PC Cara Menghapus Fitur Windows Ink di Windows 10

Cara Menghapus Fitur Windows Ink di Windows 10

cara-menghapus-fitur-windows-ink-di-windows-10-1

Semenjak era Anniversary Update, Microsoft menyematkan salah satu fitur yang cukup fungsional untuk pengguna berbasis touch screen yaitu Windows Ink. Windows Ink sendiri merupakan sebuah fitur dimana dapat merubah tampilan layar menjadi kanvas, sehingga kamu dapat melakukan editing sederhana seperti marking, croping, dsb.

Seperti yang saya katakan tadi bahwa fitur ini memang sangat fungsional apabila perangkat Windows 10 mendukung fitur layar sentuh dan pen, contohnya seperti device Surface Pro. Secara default fitur ini akan aktif secara otomatis pada device touch, tetapi jika tidak maka kamu bisa mengaktifkannya secara manual.

Nah tetapi jika kamu tidak suka dengan fitur ini (terlebih device yang kamu miliki tidak mendukung), maka kamu bisa menghapusnya dengan menggunakan tweak dibawah ini.

Menghapus Fitur Windows Ink di Windows 10

Pertama buka Regedit, kemudian navigasilah ke path HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\WindowsInkWorkspace. Jika tidak ada folder WindowsInkWorkspace, maka kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Caranya klik kanan pada folder Microsoft lalu pilih New – Key.

cara-menghapus-fitur-windows-ink-di-windows-10-2

Jika sudah pada folder WindowsInkWorkspace, klik kanan lalu pilih New – DWORD (32-Bit).

cara-menghapus-fitur-windows-ink-di-windows-10-3

Kemudian beri nama AllowWindowsInkWorkspace, lalu klik 2x dan ubah valuenya menjadi 0 (secara default memang sudah 0 sih sebenarnya).

cara-menghapus-fitur-windows-ink-di-windows-10-4

Jika sudah reboot ulang sistem untuk mendapatkan perubahannya, meskipun beberapa pengguna bisa merasakan perubahannya tanpa perlu rebooting. Dan dengan begitu maka kamu tidak akan bisa membuka Windows Ink lagi. Untuk mengembalikannya ke normal, ubah valuenya menjadi 1 atau hapus saja key tersebut.

That’s it

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.