Recent Documents adalah sebuah fitur yang ditujukan agar kamu bisa lebih mudah dan cepat saat ingin membuka file di Microsoft Word yang sebelumnya pernah kamu buka di perangkat yang sama. Akan tetapi terkadang karena alasan privasi, beberapa orang tidak suka jika Recent Documents miliknya dilihat orang banyak. Jika kamu adalah tipe orang yang seperti itu, maka tidak ada salahnya jika kamu menghapus history Recent Documents di perangkat kamu.

 

Cara Menghapus Dokumen Tertentu agar Tidak Muncul di Daftar Recent Documents

via MakeUseof

Daftar Recent Documents akan muncul di sebelah kiri layar. Kamu bisa menghapus semua file yang pernah dibuka sebelumnya, atau menonaktifkan daftar tersebut sepenuhnya sehingga ini tidak akan lagi membuka file milik kamu. Menghapus atau menonaktifkan daftar juga akan menghapus nama file dari opsi Open dalam Word. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Word. Daftar Recent akan muncul di sebelah kiri layar awal.
  2. Klik kanan pada dokumen mana pun yang ingin kamu hapus, lalu pilih Clear unpinned Documents.
  3. Klik Yes untuk mengonfirmasi penghapusannya di kotak dialog selanjutnya. Maka dokumen yang sebelumnya kamu buka, akan dihapus dari daftar tersebut.
  4. Kamu juga bisa menghapus catatan sebuah dokumen tunggal. Klik kanan pada dokumen yang diinginkan, lalu pilih Remove from List untuk menghapus hanya dokumen tersebut.

 

Cara Menonaktifkan Daftar Recent Documents di Word

Jika kamu ingin menonaktifkan Recent Documents agar dokumen yang sebelumnya kamu buka tidak lagi ditampilkan pada daftar, caranya sangat mudah.

  1. Buka dokumen Word mana saja. Klik File > Options
  2. Buka Word Options, lalu pilih tab Advanced, cari bagian Display.
  3. Untuk mencegah agar dokumen yang pernah dibuka ditampilkan pada daftar, maka atur Show this number of Recent Documents ke nol, lalu klik OK

Dengan cara ini maka Word tidak akan lagi menampilkan Recent Documents alias dokumen kamu yang baru saja dibuka.

 

Bagaimana dengan ‘Jump List’ di Ikon Word pada Taskbar?

Oya, satu lagi. Jika kamu meletakkan shortcut Word pada Taskbar, maka kamu akan mendapatkan daftar yang disebut ‘jump list‘, dalam artian jika kamu mengklik kanan ikon Word, maka akan ada daftar pilihan untuk membuka dokumen yang pernah kamu buka sebelumnya. Nah, bagaimana untuk menghapus daftar ini? Caranya mudah. Untuk pengguna Windows 10, cukup mengklik Start > Settings > Personalization. Nah, setelah itu klik Start di menu sebelah kiri, lalu klik Show recently opened items in Jump List on Start or the taskbar. Alihkan tombol ke Off. Dengan cara tersebut, daftar itu tidak akan muncul lagi saat kamu mengklik kanan ikon.


Oh ya, tips di atas juga berlaku untuk produk Office lainnya seperti Excel dan PowerPoint. Punya tips lain seputar memanipulasi daftar Recent Documents? Tuangkan wawasan kamu di kolom komentar untuk teman-teman lainnya.

  Akhir dari Notch di Android..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.