Home PC Cara Menghapus Thumbnail Cache di Windows 10

Cara Menghapus Thumbnail Cache di Windows 10

Cara Menghapus Thumbnail Cache di Windows 10 (1)

Sama dengan versi Windows lainnya, adanya Thumbnail di Windows 10 berguna untuk melihat langsung preview pada gambar ataupun video tanpa perlu melihatnya dengan aplikasi viewer. Tetapi terkadang gambar preview tersebut tidak muncul, sehingga membuat aktivitas terganggu.

Jika hal itu terjadi, salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menghapus Thumbnail cache, berikut kali ini WinPoin akan memberikan langkah-langkahnya untuk kamu.

Menghapus Thumbnail Cache di Windows 10

Pertama buka File Explorer, kemudian klik kanan pada partisi dimana Windows 10 terinstall (biasanya C:\) lalu klik Properties.

Cara Menghapus Thumbnail Cache di Windows 10 (2)

Setelah jendela properties terbuka, klik opsi Disk cleanup.

Cara Menghapus Thumbnail Cache di Windows 10 (3)

Kemudian scroll kebawah dan berilah tanda centang pada opsi Thumbnail. Jika sudah klik OK untuk melanjutkan proses.

Cara Menghapus Thumbnail Cache di Windows 10 (4)

Terakhir akan muncul jendela peringatan, klik Delete Files untuk melanjutkan proses penghapusan Thumbnail cache secara permanen.

Cara Menghapus Thumbnail Cache di Windows 10 (5)

Tunggu prosesnya hingga selesai dan jika sudah, cobalah untuk membuka folder yang berisikan photo atau video. Mungkin akan muncul sedikit lebih lama dari biasanya, karena sistem sedang Rebuild cache yang tadi dihapus.

That’s it!

 

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.