Algoritma YouTube dalam menampilkan rekomendasi video kepada pengguna memang sering menampilkan yang tidak relavan bahkan sering menampilkan konten yang tidak berguna, bahkan hal ini diakui sendiri oleh sang pembuat algoritma pada YouTube.

Jika kamu salah satu penikmat aktif video YouTube, maka artikel ini cocok untuk kamu coba.

Menghentikan Rekomendasi Video Tidak Relavan di Youtube

Terdapat dua faktor penting yang mempengaruhi munculnya rekomendasi video, yakni search history dan watch history. Jadi jika kamu reset keduanya, kemungkinan besar algoritmanya akan menjadi ter-reset.

  1. Navigasi ke menu Profile pada bagian pojok kanan atas.
  2. Kemudian klik opsi Your data in YouTube.
  3. Scroll kebawah hingga pada menu YouTube Controls, klik Manage your YouTube Watch History untuk menghapus watch history atau Manage your YouTube Search History untuk menghapus search history.
  4. Pada panel kanan klik opsi Delete activity by.
  5. Terakhir pilih All time pada menu drop down dan klik Delete.
  6. Dengan begitu riwayat pencarian akan terhapus, kamu juga bisa melakukan hal yang sama untuk menghapus watch history.

Tips Agar YouTube Memunculkan Rekomendasi Video yang Lebih Baik

Tidak 100% kita dapat menyalahkan algoritma YouTube karena menampilkan video yang tidak relavan. Sebenarnya ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar algoritma dapat menampilkan video yang relavan.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan feedback kepada video yang muncul pada halaman Homepage. Caranya navigasi ke salah satu video hingga muncul icon 3 titik, klik dan pilih opsi Not interested.

Hal serupa juga dapat kamu lakukan pada Channel yang muncul pada halaman Homepage. Dengan klik tombol X yang terletak pada bagian pojok kanan.

Dengan begitu maka algoritma YouTube akan mempelajari kebiasaan pengguna ketika menggunakan YouTube, dimana pengguna akan klik video yang memang relavan, dan memberikan feedback (Not interested) pada video yang tidak relavan.

Jika kamu memiliki tips lain agar dapat menampilkan rekomendasi video YouTube yang lebih baik. Pastikan menyampaikannya melalui kolom komentar.

  Nyesel Beli Telkomsel By.U..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.