Semenjak era Windows Vista, Microsoft menambahkan indikator bar pada semua drive, termasuk network drive ataupun partisi lokal, yang mana indikator bar ini menampilkan berapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa. Warna default yang digunakan adalah biru, namun ketika ruang penyimpanan telah terisi lebih dari 90% maka akan berubah menjadi merah.

Tetapi jika dirasa kamu tidak membutuhkan indikator tersebut, maka kamu bisa menggunakan trik registry editor untuk menghilangkannya.

Menghilangkan Indikator Size Bar pada Partisi

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Classes\Drive.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada key TileInfo. Kemudian hilangkan value System.PercentFull;. Jika sudah dihilangkan, maka hanya akan menyisakan value prop:*System.Computer.DecoratedFreeSpace;System.Volume.FileSystem. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  4. Done.

Setelah proses selesai, maka kamu tidak akan mendapati indikator bar pada daftar partisi di File Explorer. Jika indikator bar masih ada, maka kamu perlu melakukan restart Explorer.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu dapat melakukan langkah-langkah yang sama dan membuat valuenya kembali lengkap menjadi prop:*System.PercentFull;System.Computer.DecoratedFreeSpace;System.Volume.FileSystem.

  Buat yang Butuh Hape Baterai Monster! 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.