Home PC Cara Menghilangkan Opsi Uninstall Aplikasi pada Start Menu

Cara Menghilangkan Opsi Uninstall Aplikasi pada Start Menu

Cara Menghilangkan Opsi Uninstall Aplikasi pada Start Menu (1)

Di Windows 10, Microsoft mempermudah kamu memanage aplikasi yang ada, mulai dari menginstallnya di Windows Store hingga melakukan uninstall aplikasi yang bisa dilakukan dengan mudah melalui Start Menu. Kamu hanya perlu klik kanan pada aplikasi yang ingin dihapus lalu pilih opsi Uninstall.

Cara Menghilangkan Opsi Uninstall Aplikasi pada Start Menu (1)

Namun jika Windows 10 kamu sering digunakan orang lain. Bukan tidak mungkin kesalahan uninstall pada aplikasi dapat terjadi, baik sengaja ataupun tidak. Untuk mencegah hal tersebut, kali ini WinPoin akan memberikan kamu cara untuk menghilangkan opsi Uninstall apps pada Start Menu Windows 10.

Menghilangkan Opsi Uninstall Aplikasi pada Start Menu

  1. Buka Regedit.
  2. Navigasi ke HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows.
  3. Pada folder Windows, klik kanan lalu pilih New – Key.Cara Menghilangkan Opsi Uninstall Aplikasi pada Start Menu (2)
  4. Kemudian beri nama Explorer. Lalu pada panel kanan folder baru tersebut, klik kanan New – DWORD (32-bit) dan beri nama NoUninstallFromStart.Cara Menghilangkan Opsi Uninstall Aplikasi pada Start Menu (3)
  5. Terakhir klik 2x pada key tersebut lalu ganti valuenya menjadi ‘1‘ (satu).Cara Menghilangkan Opsi Uninstall Aplikasi pada Start Menu (4)
  6. Jika sudah, restart explorer atau reboot ulang sistem untuk mendapatkan hasilnya.

Jadi kedepannya, tidak akan ada lagi opsi uninstall pada aplikasi di Start Menu. Selain pada Start Menu, hal ini pun juga akan berlaku ketika mencoba uninstall melalui Settings, dimana opsi uninstall tidak dapat diklik.

Cara Menghilangkan Opsi Uninstall Aplikasi pada Start Menu (17)

Tidak ingin repot-repot membuka registry?. Tenang, kamu bisa mengkonfigurasi registry secara cepat dengan menggunakan perintah dibawah ini, yang bisa kamu jalankan dari Command Prompt as Admin.

reg add "HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Windows\Explorer" /v NoUninstallFromStart /t REG_DWORD /d 1

Cara Menghilangkan Opsi Uninstall Aplikasi pada Start Menu (5)

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.