Home PC Cara Menjalankan Bash Ubuntu Melalui Command Prompt di Windows 10

Cara Menjalankan Bash Ubuntu Melalui Command Prompt di Windows 10

menjalankan bash ubuntu langsung dari Command Prompt atau powershell (1)

Sejauh ini Console mungkin yang masih familiar untuk kamu masih Command Prompt dan PowerShell. Tetapi semenjak dirilisnya Anniversary Update (Build 14316), Microsoft menghadirkan Console Bash ubuntu yang terintegrasi langsung dengan Windows 10, sehingga kamu dapat menjalankan perintah-perintah linux langsung dari Windows 10.

Dengan hadirnya Bash ubuntu, bertambah 1 lagi daftar console pada Windows 10 disamping Command Prompt dan PowerShell yang sudah ada sejak lama. Dan mungkin kamu tahu sedikit trik bahwa baik Console Command Prompt dan PowerShell bisa menjalankan Console satu dengan yang lainnya.

Misalnya kita bisa menjalankan PowerShell dengan melalui Command Prompt, ataupun sebaliknya.

Begitu pula dengan Bash ubuntu, kamu juga bisa menjalankannya langsung dari Console lain seperti Command Prompt atau PowerShell.

Pertama pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur Bash Ubuntu terlebih dahulu. Jika sudah buka Command Prompt ataupun PowerShell lalu ketikan perintah Bash atau Bash.exe untuk langsung menjalankan console bash ubuntu.

menjalankan bash ubuntu langsung dari Command Prompt atau powershell (1)

Dengan begitu maka Bash ubuntu dapat kamu jalankan dari Console Command Prompt atau PowerShell. Selanjutnya kamu bisa langsung mengoperasikan bash ubuntu sesuai dengan keperluan.

Dan jika ingin keluar dari Bash ubuntu dan kembali lagi menggunakan Console sebelumnya. Cukup ketikan perintah exit.

menjalankan bash ubuntu langsung dari Command Prompt atau powershell (2)

That’s it!

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.