Biasanya, kamu bisa navigasi ke halaman Windows Update di Settings ketika Microsoft merilis update baru untuk Windows 10. Tetapi tahukah kamu bahwa hal serupa bisa juga dilakukan melalui perintah yang dieksekusi dengan PowerShell? berikut langkah-langkahnya.

Baca juga:

Menjalankan Windows Update dengan PowerShell

  1. Buka PowerShell as Administrator.
  2. Ketikan perintah Install-Module PSWindowsUpdate untuk menginstall module PSWindowsUpdate. Ketikan Y sebagai konfirmasi, kamu akan dimintai konfirmasi sebanyak dua kali.
  3. Ketikan perintah Get-WindowsUpdate untuk memeriksa apakah terdapat perbaruan pada Windows.
  4. Jika hasil output terdapat update, maka kamu bisa mengetikan perintah Install-WindowsUpdate untuk menginstall update tersebut. Kamu akan dimintai konfirmasi terhadap setiap update yang ingin diinstall, kamu bisa ketikan A untuk menginstall semuanya, Y sebagai konfirmasi untuk menginstall (secara individu), N untuk menolak, L untuk menolak semuanya, S untuk suspend.
  5. Tunggu proses download hingga selesai, lama tidaknya tergantung dari kecepatan Internet yang kamu miliki.
  6. Done.

Itu dia cara untuk menjalankan Windows Update melalui PowerShell. Tutorial ini dapat dijalankan pada beberapa versi Windows seperti Windows Vista, Windows 7, Windows 8.x, Windows 10, dan juga Windows Server 2008 hingga Windows Server 2012 R2.

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.