Pada tutorial kali ini WinPoin akan memberikan trik dimana kamu dapat membuat folder tidak terlihat. Ini berbeda dengan menyembunyikan folder, folder ini tetap ada tetapi tidak terlihat. Memang pernyataan tersebut agak membingungan, tapi kamu akan mengerti begitu mempraktikannya.

Baca juga: Cara Sembunyikan File dan Folder Dengan Aman!

Membuat Folder Tidak Terlihat

  1. Navigasi ke Desktop, klik kanan dan pilih New – Folder.
  2. Kemudikan ketika akan memberikan nama, gunakan kombinasi Alt + 0160 untuk menginput ASCII yang tidak terlihat. Ini berbeda dengan memberikan spasi, dimana ketika hanya memasukan spasi maka otomatis sistem memberikan nama default (New folder).
  3. Tahap selanjutnya adalah mengganti icon folder agar menjadi tidak terlihat, klik kanan pada folder tersebut, lalu pilih Properties.
  4. Navigasi ke tab Customize, lalu pilih opsi Change Icon.
  5. Scroll kekanan dan klik pada area kosong seperti digambar, klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  6. Klik kembali OK menyimpan pengaturan sekaligus keluar dari jendela Properties.
  7. Done.

Hasilnya kamu akan mendapati folder tidak terlihat. Pada dasarnya folder ini memang tidak terlihat pada tampilan Desktop Windows. Kamu bisa mendeteksinya dengan cara melakukan blok pada area yang kira-kira terdapat folder tersebut, atau CTRL + A pada area desktop.

Namun masih terdapat kelemahan terhadap trik ini, dimana folder tersebut masih bisa terdeteksi pada folder Desktop di Explorer.

Meskipun begitu, trik ini bisa menjadi cara alternatif selain menyembunyikan folder ketika kamu ingin menyimpan file-file pribadi dan tidak ingin ada orang lain yang mengaksesnya.

  UNBOXING HP 5G TERMURAH RESMI INDONESIA..!! 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.