Seperti yang kita sudah tahu, pada Microsoft Edge Canary 88 beberapa bulan lalu, Microsoft telah menambahkan sebuah fitur bernama Startup Boost, dimana fitur ini akan bekerja untuk membuat Proccess Edge Chromium berjalan di Background ketika aplikasi telah ditutup, sehingga dengan itu Edge Chromium akan langsung terbuka dengan sangat cepat ketika dibuka pada waktu selanjutnya.

Selain itu bahkan ketika kamu sign in kedalam Windows 10, Startup Boost ini akan bekerja dan membuat Microsof Edge Chromium berjalan di Background sehingga dengan itu proses membuka browser akan menjadi lebih cepat.

Mengenai fitur ini, perlu kamu tahu bahwa ini tidak aktif secara default dan menjadi optional karena pengguna dapat mengaktifkannya secara manual di halaman settings, dan jika kamu tertarik berikut WinPoin rangkum langkah singkat untuk mengaktifkannya.

Langkah 1. Pastikan kamu sudah menggunakan Microsoft Edge Chromium 89 atau yang lebih baru.

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu masuk ke Settings > System atau ke URL berikut (edge://settings/system).

Langkah 3. Tepat seperti yang saya tunjukkan pada gambar diatas, silahkan kamu aktifkan Startup boost pada opsi yang tersedia.

Mengenai fitur ini, berdasarkan pengujian yang juga pernah saya lakukan dan kamu dapat baca artikelnya pada halaman berikut, memang benar bahwa jika diaktifkan proses membuka Microsoft Edge Chromium dapat menjadi lebih cepat namun disisi lain, ketika fitur diaktifkan justru akan terasa memberatkan pengguna dengan spesifikasi (RAM) yang terbatas, hal ini tentu saja karena ketika Edge ditutup setidaknya akan ada beberapa Process yang akan tetap berjalan di background.

Selain itu jika kamu adalah pengguna SSD, mengaktifkan fitur ini tidak akan terlalu mengubah pengalaman dalam membuka Microsoft Edge Chromium mengingat proses SSD sudah sangat cepat.

Namun jika kamu adalah pengguna HDD dan kamu memiliki setidaknya 8 GB RAM, maka mengaktifkan opsi ini adalah sebuah pilihan yang menarik untuk kamu coba.

Nah sudahkah kamu mencoba fitur ini? komen dibawah guys.

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.