Beberapa waktu lalu dikabarkan bahwa ada sebuah bug pada Wi-Fi untuk Surface Pro 7, masalah ini disebabkan oleh driver Intel AX201 versi 21.40.1.3.

Perlu diketahui nih kawan kawan, Microsoft Surface Pro 7 dilengkapi dengan driver khusus yang dikembangkan oleh Microsoft dalam kemitraannya dengan Intel. Meskipun kalian harus dapat menginstal driver generik Intel AX201, kalian TIDAK disarankan untuk melakukannya. Karena menginstal driver generik dapat menyebabkan masalah lain dan menghalangi kalian untuk kembali ke driver khusus yang dikirimkan oleh Microsoft pada perangkat.

Cara Perbaiki Slow Wi-Fi Bug di Microsoft Surface Pro 7

Solusinya, terlihat jauh lebih sederhana, dan itu melibatkan mengubah mode hemat daya MIMO di Windows. Seperti kata pengguna Reddit Wiidesire memiliki penjelasan untuk bug dan mengklaim semuanya terjadi karena konfigurasi 2×2 MIMO pada adaptor Intel AX201 berarti salah satu dari dua antena yang tersedia pada perangkat tidak keluar dari kondisi daya rendah saat melanjutkan dari kondisi sleep.

“Adaptor Intel AX201 yang baru memiliki MIMO 2×2, pada dasarnya menggandakan antena untuk menggandakan kecepatan (jika router kamu mendukungnya). Sekarang dalam keadaan standby, SMPS Dinamis menonaktifkan satu antena dan antena lainnya masuk ke kondisi daya rendah. Namun bugnya adalah bahwa setelah membangunkan perangkat dari standby/sleep, antena kedua tidak diaktifkan dan antena lainnya tetap dalam kondisi daya rendah yang mengakibatkan kecepatan sangat berkurang, latensi lebih tinggi, ”.

Secara teknis, pengguna dapat mengubah pengaturan MIMO dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik kanan Start menu > Device Manager > Network adapters > Right-click Intel AX201 > Properties > Advanced
  • Dalam daftar opsi, pilih yang disebut, MIMO power save mode
  • Menu drop-down di sebelah kanan memungkinkan kalian mengubah pengaturan power saving mode MIMO, dan menurut solusi ini, ada dua cara untuk pergi pada titik ini, seperti berikut:
No SMPS = bug tetep ada, tapi hanya pada kondisi tertentu aja + power usage tinggi

Static SMPS = bug udah gak ada, tapi MIMO sekarang di disabled, karena itu kecepatan Wi-Fi lebih lambat

Seperti yang dilihat, setiap opsi dilengkapi dengan kelemahannya sendiri, tetapi untungnya, ada metode lain untuk menyelesaikan setidaknya salah satu dari mereka. Pilih No SMPS dan kemudian ikuti langkah ini untuk mencegah penggunaan daya tinggi:

Didalam Windows 10 Masuk ke Settings > System > Power & Sleep > When my PC is asleep and on battery power disconnect from network > Always


Konsumsi daya tinggi terjadi karena antena perangkat tidak lagi memasuki kondisi daya rendah selama standby, karena jaringan tetap aktif. Namun, dengan menonaktifkan akses jaringan ketika memasuki posisi standby/sleep, ini tidak lagi diperlukan, yang berarti antena tidak diperlukan lagi, oleh karena itu masalah konsumsi daya diselesaikan.

Microsoft belum membuat langkah perbaikan, tetapi begitu tambalan tersedia dalam update beberapa minggu lagi, perubahan ini seharusnya tidak lagi diperlukan.

Referensi : News Softpedia

  Aksesoris Gadget Murah Tapi Bagus..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.