Home PC Cara Porting Ekstensi Microsoft Edge ke Google Chrome

Cara Porting Ekstensi Microsoft Edge ke Google Chrome

portingekstensiedgekegooglechrome (1)

Dukungan ekstensi untuk Microsoft Edge kini sudah bisa kita rasakan. Namun karena ini masih merupakan tahapan awal dan hanya tersedia untuk Insider, ekstensi yang ada juga masih sangat terbatas. Hingga artikel ini ditulis, hanya ada 3 ekstensi yang tersedia. yakni Microsoft Translator, Reddit Enhancement Suite, dan Mouse Gestures.

Namun ada hal menarik dibalik adanya ekstensi pada Edge ini. Dengan sedikit modifikasi sederhana, kamu dapat memporting ekstensi dari Edge ke Google Chrome dengan mudah.

Bersumber dari BAV0, yang mengatakan bahwa ekstensi Microsoft Edge dapat berjalan mulus di Google Chrome. Dia juga mengatakan, hanya membutuhkan beberapa modifikasi pada file ekstensi tersebut, sehingga ke-3 ekstensi tersebut dapat berjalan di Chrome tanpa adanya masalah.

Tentunya hal tersebut membuat saya juga ingin mencobanya sekaligus sharing pada kalian semua. So, buat kalian yang penasaran, keep reading :)

Porting Microsoft Translator

Jika sebelumnya kamu telah membaca tutorial cara menginstal ekstensi di Microsoft Edge. Kamu pasti tahu bahwa setelah mendownload ekstensi (yang berupa file .exe). Maka file tersebut harus di ekstrak menjadi folder.

Navigasilah ke folder tersebut, lalu edit file yang bernama ‘manifest.json‘ dengan tool editor sederhana, misalnya Notepad++. Jika sudah tambahkan code berikut ke dalam file manifest.

"manifest_version": 2,

portingekstensiedgekegooglechrome (1)

Jika sudah, tahap selanjutnya adalah menghapus folder localization. Masih pada folder yang sama, buka folder ‘_locales‘. Kemudian hapus semua folder yang ada kecuali folder dengan nama ‘en‘.

portingekstensiedgekegooglechrome (2)

Dengan begitu maka kamu dapat langsung mencoba memporting ekstensi tersebut. Buka Google Chrome lalu buka tab ekstensi. Aktifkan Developer mode dan klik ‘Load unpacked extensions…‘. Kemudian navigasilah ke folder dimana ekstensi hasil modifikasi itu berada.

Voilla…!, ekstensi Microsoft Translator telah berhasil di porting ke Google Chrome. Abaikan saja 2 poin peringatan yang muncul. Microsoft Translator akan muncul pada bagian address link dan mentranslate halaman website ketika diaktifkan.

Porting Mouse Gestures

Selanjutnya adalah Mouse Gestures. Untuk memporting ekstensi ini, kamu dapat melakukan cara yang sama dengan sebelumnya yakni memodifikasi file manifest.json dan menghapus folder kecuali en pada subfolder _locales. Hasilnya ketika diporting, maka hasilnya berjalan dengan lancar.

portingekstensiedgekegooglechrome (8)

Setelah itu akan muncul tab baru secara otomatis, yang isikan akan memberikan kamu sedikit tutorial cara menggunakan Mouse Gesture ini. Dan pengaturan Gesture ini juga dapat kamu atur sesuai keinginan. Namun sayangnya, tiada satupun dari gesture-gesture tersebut yang dapat berjalan.

Porting Reddit Enhancement Suite

Sama seperti dua ekstensi sebelumnya, tetapi lebih mudah karena kamu hanya perlu melakukan pengeditan pada file manifest.json saja.

Nah itu dia cara untuk memporting ekstensi dari Microsoft Edge ke Google Chrome. Perlu kamu ketahui, jika kamu membacanya dari situs sumbernya yakni Bav0. Maka caranya akan sedikit berbeda dengan yang saya tulis, karena saya membuat artikel ini lebih fleksibel agar lebih mudah diikuti. 😁

Credit BAV0

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.