Home PC Cara Menginstall dan Uninstall Ekstensi di Microsoft Edge Windows 10

Cara Menginstall dan Uninstall Ekstensi di Microsoft Edge Windows 10

installdanuninstallekstensimicrosoftedge (1)

Selain hadirnya fitur Pin tab di Microsoft Edge. Pada Build 14291 ini, Microsoft juga telah membawa dukungan ekstensi yang merupakan salah satu kelemahan terbesar Edge sejak lama.

Untuk mendapatkan ekstensi, kamu dapat mendownloadnya melalui Windows Store dan menginstallnya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Dan hingga artikel ini ditulis, hanya terdapat 3 ekstensi saja yang secara official dapat kamu gunakan yakni Mouse Gestures, Microsoft Translator dan Reddit Enhancement Suite extensions. Atau kamu juga dapat menggunakan ekstensi Turn off the lights yang dapat kamu install secara sideload.

Instal Ekstensi di Microsoft Edge

Pertama buka menu Pivot (yang ditandai oleh 3 titik/dot), kemudian klik menu ‘Extensions‘.

installdanuninstallekstensimicrosoftedge (2)

Setelah itu, klik ‘Get extensions‘ untuk mendapatkan ekstensi baru.

installdanuninstallekstensimicrosoftedge (3)

Kemudian kamu akan diarahkan ke web tempat mendownload ekstensi Microsoft Edge. Pilih ekstensi yang kamu inginkan (misalnya saya akan menginstall ekstensi Microsoft Translator), lalu ‘Download‘ untuk mengunduh ekstensi tersebut.

Setelah itu, jalankan file exe tersebut dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Belum selesai sampai disitu, kembali lagi ke Microsoft Edge dan buka kembali tab Ekstensi. Klik ‘Load extensions‘.

installdanuninstallekstensimicrosoftedge (8)

Lalu carilah lokasi dimana folder ekstensi tersimpan, jika sudah pilih folder tersebut lalu klik ‘Select folder‘.

installdanuninstallekstensimicrosoftedge (9)

Jika sudah maka ekstensi tersebut telah berhasil ditambahkan di Browser Microsoft Edge.

installdanuninstallekstensimicrosoftedge (10)

Uninstal Ekstensi di Microsoft Edge

Jika kamu ingin menghapus ekstensi di Microsoft Edge. Caranya buka kembali tab Ekstensi kemudian klik kanan pada ekstensi yang ingin dihapus lalu pilih Remove atau dengan cara klik ekstensi terlebih dahulu lalu pilih Remove.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat menghapus folder ekstensi tersebut jika benar-benar ingin menguninstal ekstensi tersebut. Atau kamu dapat membiarkannya saja, jika sewaktu-waktu kamu ingin memasang lagi ekstensi tersebut.

installdanuninstallekstensimicrosoftedge (13)

Nahh itu dia gaes cara menginstal ataupun uninstall ekstensi di Microsoft Edge, untuk saat ini mungkin prosedurnya masih terbilang merepotkan karena harus meload ekstensi secara manual. Untuk kedepannya mungkin Microsoft akan membuat cara ini menjadi lebih fleksibel. 😊

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.