Home PC 2 Cara Remove/Restore Frequent Folder dan Recent Files di Windows 10

2 Cara Remove/Restore Frequent Folder dan Recent Files di Windows 10

removefrequentdanrecentpadawindows10_0

Saat kamu membuka File explorer di Windows 10, secara default kamu akan langsung diarahkan ke Quick Access yang berisikan panel ‘Frequent folder‘ yang menampilkan folder yang paling sering dibuka dan ‘Recent Files‘ yang menampilkan 20 file yang baru dibuka sebelumnya.

Dari sisi positifnya memang fitur ini sangat membantu jika ingin mengakses folder atau file secara cepat. Namun sisi negatifnya, pengguna yang ingin tetap terjaga privasinya tentu akan terganggu, terlebih jika pengguna PC tersebut lebih dari 1 orang. Untuk itu kali ini WinPoin akan memberikan 2 metode yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan tersebut.

Melalui Folder Options

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan melalui Folder options. Caranya navigasi ke tab ‘View‘ lalu klik ‘Options‘ yang terletak di menu paling pojok.

removefrequentdanrecentpadawindows10_1

Setelah terbuka, pada bagian Privacy terdapat 2 menu pilihan check/uncheck dengan ketentuan.

  • Show recently used files in Quick access : Menampilkan file yang telah dibuka sebelumnya pada Quick access.
  • Show frequently used folders in Quick access : Menampilkan folder yang sering digunakan pada Quick access.

removefrequentdanrecentpadawindows10_2

Jadi jika kamu menghilangkan tanda centang (uncheck) pada opsi ‘Show recently used files in Quick access‘ maka daftar file yang sebelumnya muncul akan hilang atau jika menghilangkan tanda centang pada ‘Show frequently used folders in Quick access‘ maka folder yang sering diakses akan menghilang dan kembali ke default folder (Desktop, Document, Downloads, Picture dan Programs).

removefrequentdanrecentpadawindows10_3

Jika ingin mengembalikannya lagi, cukup beri tanda centang kembali pada opsi menu tadi.

Melalu Registry

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan melalui registry editor. Caranya buka kotak RUN lalu ketikan ‘regedit‘ lalu navigasilah ke ‘HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\HomeFolderDesktop\NameSpace\DelegateFolders‘.

removefrequentdanrecentpadawindows10_4

Terdapat 2 subfolder CLSID dengan ketentuan.

  1. Subfolder {3134ef9c-6b18-4996-ad04-ed5912e00eb5} adalah Recent Folder.
  2. Subfolder {3936E9E4-D92C-4EEE-A85A-BC16D5EA0819} adalah Frequent Folder.

Untuk menghapusnya, klik kanan lalu pilih ‘Delete‘ dengan begitu subfolder tersebut akan hilang.

removefrequentdanrecentpadawindows10_5

Namun perlu diketahui. Jika kamu menggunakan opsi kedua ini, untuk mengembalikannya seperti semula, kamu dapat menggunakan cara yang pertama jadi satu-satunya cara adalah menambahkan kembali key tersebut. Caranya download reg disini, lalu jalankan file reg tersebut.

Nah itu dia 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk remove ataupun restore Frequent Folder dan Recent Files pada Windows 10. Sampai jumpa di tweak-tweak Windows 10 selanjutnya :)

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.