Terkadang dalam beberapa kondisi kita harus melakukan restart explorer.exe, entah itu untuk mengatasi masalah pada File Explorer, atau sekedang ingin melakukan refresh secara penuh pada seluruh komponen user interface explorer.

Biasanya, untuk melakukan restart explorer.exe kita melakukannya via Task Manager > Processes kemudian cari Windows Explorer dan klik Restart.

Namun tahukah kamu, sebenarnya kita bisa melakukan restart explorer.exe dengan menggunakan Windows Powershell loh, dan bahkan menurut saya langkah ini sangat cepat karena hanya mengetikkan sebuah perintah saja. Bagaimanakah itu? berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Windows Powershell as Administrator.

Langkah 2. Kemudian silahkan kamu masukkan perintah berikut,

taskkill /f /im explorer.exe
start explorer.exe

Nah perintah pertama adalah perintah untuk menghentikan proses explorer.exe, selanjutnya pada perintah kedua untuk menjalankan kembali explorer.exe.

Dapat dilakukan juga di Windows 11 dan generasi Windows terdahulu

Selama kamu memiliki Windows Powershell di perangkat Windows kamu, misalkan Windows 7 hingga Windows 11, kamu bisa melakukan perintah tersebut untuk restart Explorer.exe.

Nah silahkan deh kamu coba sendiri, semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.