Home Basic Cara Restore Pengaturan Default Apps di Windows 10

Cara Restore Pengaturan Default Apps di Windows 10

Cara Restore Pengaturan Default Apps di Windows 10 (1)

Pada artikel kali ini, WinPoin akan memberikan tutorial mengenai cara melakukan backup terhadap pengaturan default apps di Windows 10, yang mana pengaturan ini mencakup pada aplikasi default, aplikasi yang digunakan pada jenis file tertentu (berdasarkan ekstensinya), dan aplikasi yang dibuka melalui protocol URL.

Setelah melakukan proses backup, maka selanjutnya adalah melakukan proses restore. Dengan melakukan proses restore ini, maka pengaturan default apps dapat kamu aplikasikan pada PC Windows 10 lainnya atau user Windows 10 lain pada PC yang sama. Jadi kamu tidak perlu repot-repot melakukan konfigurasi ulang pada default apps yang diinginkan pada user lainnya.

Untuk melakukannya, Windows 10 tidak memberikan opsi mudah untuk melakukan proses ini. Jadi kita diharuskan menggunakan Command Prompt untuk melakukannya. Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan kamu login dengan menggunakan akun administrator.

Restore Pengaturan Default Apps di Windows 10

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan perintah dibawah ini untuk melakukan restore terhadap pengaturan default apps. Kamu dapat mengganti tulisan warna merah dengan path dimana file backup tersimpan.
    dism /online /Import-DefaultAppAssociations:"E:\Backup\BackupDefaultAppsConfiguration.xml"

    Cara Restore Pengaturan Default Apps di Windows 10 (2)

  3. Tunggu proses hingga selesai. Jika sudah tutup jendela Command Prompt jika ingin.

Dengan begitu, maka proses restore telah berhasil dilakukan. Kamu tinggal melakukan langkah yang sama jika ingin melakukan restore ke PC atau user lainnya.

Nah itu dia cara untuk melakukan restore terhadap pengaturan default apps di Windows 10. Jika kamu memiliki sebuah pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.