Umumnya, setiap system operasi Windows 10 sudah preinstalled dengan sebuah Antivirus yang cukup kuat juga Microsoft Defender. Kita bisa mengakses antivirus ini melalui Windows Security di Settings Windows 10, dan kita bisa melakukan banyak hal disana, termasuk untuk melakukan scanning, whitelist dan lainnya.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Periodic Scanning di Microsoft Defender

Namun tahukah kamu, selain melakukan scanning via GUI di Aplikasi Windows Security, kita sebenarnya bisa melakukan scanning melalui Command Line, baik itu Windows Powershell atau Command Prompt.

Nah berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini WinPoin akan rangkum langkah singkat mengenai bagaimana sih caranya untuk melakukan Scanning Virus di Microsoft Defender Windows 10 melalui Command Line, terlebih Windows Powershell, berikut adalah langkah langkahnya.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Windows Powershell dan jalankan sebagai Administrator.

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu masukkan perintah berikut:

start-mpscan -scantype fullscan

*Penjelasan : Perintah diatas adalah perintah untuk menjalankan scanning dengan type full scan, jika kamu ingin melakukan full scanning terhadap seluruh storage yang kamu miliki, maka perintah ini adalah yang paling direkomendasikan.

Baca Juga : Cara Scan Virus di Windows 10

Untuk melakukan scanning pada directory tertentu, kita bisa menggunakan perintah berikut:

start-mpscan -ScanPath directory-yang-akan-di-scan

Misalkan disini saya akan mencoba melakukan scanning pada directory Downloads, maka perintah yang saya masukkan adalah :

start-mpscan -ScanPath  C:\Users\gylan\Downloads

Nah seperti itu, kamu bisa melihat dan mengetahui perintah lainnya di halaman Microsoft berikut, namun menurut saya, dua diatas adalah jenis scanning yang cukup umum digunakan.

Nah untuk kamu pengguna Microsoft Defender, silahkan dicoba, untuk berapa lama proses scanning, itu tergantung dengan system yang kamu gunakan.

Sedangkan untuk kamu yang ingin langkah simpel, kamu bisa mengikuti langkah berikut. Cara Scan Virus di Windows 10

Referensi : Microsoft

  Rela Ninggalin iPhone Demi Ini..?? Samsung Galaxy S21+ 5G RESMI Indonesia 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.