Sebenarnya saya awalnya tidak akan membahas mengenai hal ini, namun tampaknya informasi ini cukup penting untuk dibagikan terlebih saya rasa hampir seluruh pembaca WinPoin adalah pengguna Whatsapp.

Bagi kamu yang belum tahu, sejak beberapa waktu lalu, Whatsapp mengirimkan sebuah informasi persyaratan serta persetujuan yang wajib pengguna ikuti jika ingin terus menggunakan layanan mereka.

Pada dasar nya ada tiga hal yang Whatsapp sebutkan, yang pertama adalah bagaimana WhatsApp memperoses data kita sebagai pengguna, kedua mengenai bagaimana bisnis dapat menggunakan layanan Whatsapp, dan terakhir adalah integrasi dengan layanan yang perusahaan Facebook miliki.

Whatsapp Berbagi Data Dengan Layanan Facebook Lain!

Nah ini yang akan sedikit saya bahas, dimana berbeda dengan sebelumnya, Whatsapp mulai 8 Februari 2021 nanti akan mulai berbagi informasi dan data pengguna dengan produk Facebook lainnya, dimana diantaranya adalah Facebook, Instagram, dan termasuk anak perusahaan Facebook lain seperti Payments Inc., Facebook Payments International Limited., Onavo, Facebook Technologies LLC, dan CrowdTangle.

Yang cukup pengguna tidak suka, adalah data yang dibagikan mencakup beberapa informasi berikut, seperti Nomer Telepon, Data Transaksi, Informasi terkait layanan, Informasi tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan orang lain (termasuk pengguna Bisnis), Informasi perangkat seluler, Alamat IP, dan lainnya yang mana kamu bisa melihat pada halaman Kebijakan Privasi Whatsapp berikut.

Kebijakan Privasi Baru Yang Cukup Menekan!

Nah selain itu, ada hal baru yang ditambahkan Whatsapp pada halaman Kebijakan Privasi mereka, dimana kini mereka menambahkan Data Transaksi dan Pembayaran jika menggunakan WhatsApp Pay, yang cukup mengkhawatirkan adalah detail yang berhak dikumpulkan oleh Perusahaan meliputi detail pengiriman (termasuk alamat dan lain lain), metode pembayaran, jumlah transaksi. Meskipun kebijakan tersebut saat ini tersedia diseluruh negara, namun cepat atau lambat, kebijakan ini akan mulai diterapkan di Indonesia juga.

Selain itu nih, ada juga informasi berbasis lokasi. Dimana WhatsApp mengatakan bahwa meskipun kamu tidak menggunakan layanan lokasi mereka, mereka akan menggunakan alamat IP dan Nomor Telepon untuk menentukan lokasi umum kamu.

Baca Juga : WhatsApp Web Segera Terima Dukungan untuk Panggilan Telepon dan Video

Cukup mengerikan bukan?, ibaratnya kita sudah berada ditangan perusahaan Facebook ini.

Pengguna Tidak Bisa Menolak!

Nah mengenai persyaratan baru yang diumumkan kepada seluruh pengguna melalui banner ini, pada dasarnya pengguna tidak memiliki pilihan, selain untuk menerima persyaratan yang mencakup hal diatas jika ingin terus mengggunakan WhatsApp, jika tidak maka kamu harus menghapus akun Whastapp kamu.

Begini tulisan dikutip dari banner yang saya terima beberapa waktu lalu, “By tapping Agree, you accept the new terms and privacy policy, which take effect on February 8, 2021. After this date, you’ll need to accept these updates to continue using WhatsApp.

Kemungkinan Iklan di Whatsapp Akan Semakin Besar

Rumor dan informasi mengenai iklan di kolom status di aplikasi Whatsapp memang sudah menyebar sejak tahun lalu, meskipun begitu hingga saat ini kita masih tidak mendapatkan iklan di halaman tersebut, namun dengan adanya kebijakan baru ini, bisa saja kemungkinan iklan di whatsapp ini akan semakin cepat untuk direalisasikan.

Tentu pengguna WhatsApp akan banyak yang tidak setuju jika ada iklan di aplikasi perpesanan mereka, saya pun tentu tidak setuju, bahkan sebenarnya saya tidak setuju juga dengan kebijakan baru Whatsapp ini. Meskipun rumornya pengguna masih dapat terus menggunakan Whatsapp meski pengguna mengabaikan dan tidak menerima kebijakan baru ini, namun itu masalah waktu saja sampai paksaan semakin berat kedepannya, terlebih nih, Whatsapp sendiri yang mengatakan bahwa “Pengguna harus menerima kebijakan baru untuk terus menggunakan Whatsapp”.

Baca Juga : Cara Menggunakan DiskUsage Bawaan di Windows 10

Nah bagaimana menurutmu mengenai kebijakan baru Whatsapp ini? silahkan komen dibawah guys.

Jika ada yang kurang dari pembahasan saya diatas, mari kita diskusikan dibawah. :D

  Apple Watch Versi Xiaomi! Murah Banget Bos! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.