Baru baru ini Kominfo telah memblokir sejumlah platform penting yang cukup sering saya akses, seperti Steam, Epic Games dan bahkan PayPal, nah di Windows 10 Build 21H1 dan di Windows 11, pengguna bisa mengaktifkan DNS Over HTTPS untuk mengakses layanan yang diblokir kominfo dengan bebas tanpa bantuan VPN, cara settingnya sendiri sudah WinPoin sertakan dalam artikel berikut:

Lalu bagaimana dengan Windows 7, 8 dan Windows 10 dibawah Build 21H1 misalkan saya yang menggunakan Windows 10 dengan build 1809?, tentu saja bisa kok, dan berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Sebelum memulai, perlu diketahui bahwa disini saya akan menggunakan DNS favorit saya yaitu dari Cloudflare, jadi langsung saja ikuti langkah berikut guys.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Control Panel > Network & Internet > Network & Sharing Options > Change adapter settings.

Langkah 2. Setelah itu silahkan klik kanan Properties pada Network Adapter yang kamu gunakan, disini karena saya menggunakan Ethernet (Kabel LAN) maka saya memilh LAN.

Langkah 3. Selanjutnya silahkan kamu double click pada bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

Kemudian silahkan kamu pilih pada bagian DNS, menjadi Use the following DNS Server Addresses, dengan konfigurasi berikut:

1.1.1.1
1.0.0.1

Tepat seperti pada gambar diatas, jika sudah selesai, silahkan kamu klik OK, dan silahkan kamu buka Steam misalnya, jika sudah berhasil terbuka, maka kini kamu sudah berhasil menggunakan DNS dari Cloudflare tersebut.

Nah silahkan dicoba guys, untuk kamu pengguna Windows 10 21H1 atau yang lebih baru dan Windows 11, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

Cara Mengaktifkan DNS over HTTPS di Windows 10
Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Windows 11

Silahkan dicoba, semoga berhasil.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.