Di Windows terdapat fitur yang bernama Dynamic Lock. Dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunci Windows 10 secara otomatis ketika posisi pengguna sedang jauh dari PC.

Cara kerja dari fitur Dynamic Lock ini memanfaatkan konektivitas bluetooth dengan smartphone sebagai acuan jarak antara pengguna yang memegang smartphone dengan PC. Jika koneksi bluetooth terputus setelah 30 detik karena smartphone diluar jangkauan, maka Windows 10 akan mengunci secara otomatis.

Setup Dynamic Lock di Windows 10

Setup Dynamic Lock ini bisa dilakukan pada smartphone Android atau iPhone, hingga perangkat lain selama masih mendukung fitur Bluetooth. Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pairing terhadap Windows 10 dan smartphone. Kemudian mengaktifkan fitur Dynamic Lock.

  1. Buka Settings.
  2. Navigasi ke Devices > Bluetooth & other devices.
  3. Pada panel kanan, aktifkan Bluetooth lalu klik opsi Add Bluetooth or other devices.
  4. Pada perangkat smartphone, aktifkan Bluetooth juga agar perangkat bisa ditemukan.
  5. Pairing kedua perangkat dengan menyamakan PIN yang ada.
  6. Setelah kedua perangkat berhasil terhubung, navigasi ke Accounts > Sign-in options.
  7. Pada panel kanan, beri tanda centang pada opsi Allow Windows to automatically lock your device when you’re away.
  8. Done.

Setelah proses selesai, maka fitur Dynamic Lock telah aktif. Kamu bisa mencobanya dengan cara membawa HP sambil meninggalkan PC. Dimana saat itu terjadi, Windows 10 akan mengunci secara otomatis.

Terdapat satu hal yang menjadi kekurangan pada fitur Dynamic Lock ini, dimana akan terjadi kebingungan ketika terdapat lebih dari satu perangkat yang terhubung. Misalnya saja ketika sedang PC sedang terhubung dengan smartphone dan smartwatch, dimana ketika smartphone masih didekat PC dan saya pergi dengan smartwatch, maka Windows 10 tetap akan melakukan penguncian, meskipun sebenarnya acuan Dynamic Lock yang saya inginkan adalah smartphone bukan smartwatch.

  vivo V20 Indonesia: 4,999 Juta Dapat Apa..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.