Tahun lalu,  Google menambahkan fitur Tab Freeze pada Google Chrome, dan karena Microsoft Edge Chromium sama sama berbasiskan Chromium, pada Edge Canary dulu kita bisa mengaktifkan flags edge://flags/#proactive-tab-freeze, yang mana merupakan fitur yang sama dengan yang hadir di Google Chrome.

Namun terkait dengan hal tersebut, beberapa waktu lalu Microsoft menghilangkan fitur dan flags experimental tersebut, dan mulai dari Edge Canary 87.0.643.0, pengguna kini dapat mengaktifkan fitur yang lebih advanced dibandingkan Tab Freeze yang disebut dengan Sleeping Tab.

Nah mulai dari versi 87.0.643.0, kamu bisa menggunakan Flags Experimental edge://flags/#edge-sleeping-tabs, dimana jika setelah diaktifkan kamu akan menemukan sebuah opsi baru bernama Save Resource yang terletak di edge://settings/system.

Flags Experimental dari edge://flags/#edge-sleeping-tabs

Baca Juga : Cara Aktifkan Sleeping Tab di Microsoft Edge Chromium

Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar kedua diatas, pada halaman edge://settings/system, disana akan menampilkan menu baru Save Resource, dan kita bisa bisa mengatur kondisi Tab untuk masuk ke mode Sleep / tertidur, kondisi ini tentunya akan membuat pengguna dapat menghemat penggunaan RAM, dan cocok sekali untuk mereka dengan kapasitas RAM terbatas.

Selain itu, kita juga bisa mengatur website tertentu untuk masuk ke daftar exclusion sehingga diabaikan dari kondisi sleeping tab.

Lalu setelah fitur diaktifkan, ketika tab sedang tidak digunakan, dia akan masuk secara otomatis ke mode sleep ditandai dengan warna tab yang berbeda dan adanya label ‘This tab is sleeping’.

Tab Freeze vs Sleeping Tab

Perbandingan dua fitur berbeda dari dua browser berbeda dengan basis yang sama, jika dilihat berdasarkan fitur baik Tab Freeze atau Sleeping Tab memiliki fitur yang hampir sama dengan membekukan tab yang tidak sedang digunakan, namun perbedaannya adalah Tab Freeze milik Google Chrome tidak memungkinkan pengguna untuk memilih waktu kapan Freezing akan dilakukan, namun beda halnya dengan Sleeping Tab dimana pengguna bisa mengatur kapan waktu tab akan masuk ke mode sleep, mulai dari 15 menit sampai 12 jam dari kondisi tab tidak digunakan.

Nah bagaimana menurutmu mengenai fitur baru Edge Chromium ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Via : Techdows

  Bikin Netizen Heboh, Sehebat Itukah POCO X3 NFC..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.