Berbicara Google Chrome, tentu saja gak akan jauh dengan yang namanya RAM, Chrome sejak dulu itu terkenal dengan pemakan RAM paling Rakus, meski pada awal perilisannya tidak serakus sekarang.

Bahkan untuk pemakaian dengan membuka beberapa Tab saja sudah menggunakan lebih dari 1 GB RAM di laptop saya.

Namun ada kabar baik bagi kamu pengguna Google Chrome, karena seperti yang dilaporkan Techdows, kini Google telah menyiapkan fitur bernama Tab Freeze untuk Browser Chromenya.

Disebut Tab Freeze, fitur ini memantau dan menangguhkan tab yang tidak digunakan untuk memastikan tab tersebut tidak aktif atau dimuat ulang di latar belakang. Ini membantu mencegah sumber daya dialokasikan ke tab tanpa pengguna memerlukannya, dan pada tingkat tertentu meningkatkan kinerja sistem ketika kehabisan memori.

Saat ini fitur baru tersebut adalah bagian dari build Canary terbaru, dan tentunya kamu dapat mencobanya dengan mengaktifkannya dari flags.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pertama-tama kamu perlu memastikan kamu sudah menjalankan Chrome Canary terbaru. Dengan minimal build 79.0.3941.0, selanjutnya buka chrome://flags dan cari Tab Freeze. Atau cepatnya masukan saja chrome://flags/#proactive-tab-freeze di Addressbar. Setelah ketemu, jangan lupa set dari Default ke Enabled.

Catatan : Mengaktifkan flags berarti Google Chrome secara otomatis membekukan tab yang tidak aktif di latar belakang selama 5 menit.

Via : Techdows

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.