Secara default, sistem akan meminta password Ketika kamu kembali menyalakan Windows 10 dari mode sleep. Jika hal tersebut cukup mengganggu, maka kamu bisa menggunakan cara dibawah ini agar sistem tidak akan meminta password saat menyalakan Windows 10 dari mode sleep.

Baca juga tutorial Windows lainnya:

Skip Password setelah Sleep di Windows 10 dengan Command Prompt

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan/copy perintah dibawah ini untuk skip password pada perangkat dalam posisi menggunakan baterai (untuk Laptop ataupun Tablet); powercfg /SETDCVALUEINDEX SCHEME_CURRENT SUB_NONE CONSOLELOCK 0
  3. Ketikan/copy perintah dibawah ini untuk skip password pada perangkat dalam posisi menggunakan menggunakan arus listrik langsung; powercfg /SETACVALUEINDEX SCHEME_CURRENT SUB_NONE CONSOLELOCK 0
  4. Done.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu bisa menggantikan angka 0 dengan 1 pada perintah diatas.

Perlu diketahui bahwa tidak hanya mode sleep, pengaturan ini juga mempengaruhi pada mode hibernate. Setelah proses selesai, maka kedepannya sistem tidak akan lagi meminta password setelah menyalakan Windows 10 dari mode sleep ataupun hibernate.

Namun disisi lain, cara ini tentu akan menjadi sedikit resiko dalam aspek keamanan. Karena ketika kamu meninggalkan komputer dalam keadaan sleep ataupun hibernate, maka orang lain bisa langsung mengakses tanpa perlu memasukan kembali password.

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.