Pada era Windows 10, Microsoft menyematkan dukungan terhadap video HDR. Video HDR sendiri merupakan format yang menjadi solusi dari keterbatasan pada SDR video, dimana video yang dihasilkan dapat lebih cerah dan warna yang lebih bagus. Tetapi itu semua dengan catatan bahwa monitor yang digunakan juga mendukung HDR.

Selain HDR, Windows 10 juga memiliki pengaturan terhadap Wide Color Gamut (WCG). Dimana WCG ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas warna dengan membuatnya terlihat lebih cerah sehingga gambar yang dihasilkan terlihat lebih realistis.

Baca juga tutorial Windows lainnya:

Konfigurasi HDR dan WCG Color di Windows 10

  1. Buka Settings.
  2. Navigasi ke System > Display.
  3. Pada panel kanan, klik opsi Windows HD Color settings.
  4. Pada halaman selanjutnya, kamu bisa memilih monitor mana yang ingin dikonfigurasi melalui menu Display (jika kamu memiliki lebih dari satu monitor yang terhubung).
  5. Pada bagian bawah, swipe ke On pada opsi HDR and WCG untuk mengaktifkan fitur HDR dan WCG. Kamu juga bisa swipe ke Off untuk sebaliknya.
  6. Done.

Perlu diingatkan kembali bahwa pengaturan ini hanya bisa dilakukan dengan monitor yang sudah mendukung HDR saja, kamu bisa cek spesifikasi layar yang kamu miliki lewat website manufactur.

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.