Bagi yang bukan pengguna Download Manager seperti IDM atau FDM dan sejenisnya, kita hanya terpatok dengan Download Manager bawaan Browser, dan terkait hal itu khususnya pengguna Edge Chromium, kita harus mengunjungi halaman edge://downloads/ atau dengan menekan tombol CTRL + J untuk masuk ke halaman Downloads dan melihat daftar apa saja yang telah didownload.

Sedangkan untuk pengguna Firefox dan beberapa lainnya, pada toolbar akan disediakan sebuah menu download dan ketika di klik akan menampilkan daftar apa saja yang sedang atau telah di download ke perangkat kita sehingga kita bisa mengakses files yang didownload dengan cepat tanpa harus menutup halaman.

Sayangnya di Edge Chromium kita tidak bisa melihat menu tersebut. Namun kawan kawanku, kita sebenarnya bisa menambahkannya loh, yang kita butuhkan hanyalah sebuah ekstensi TMDM – The Missing Download Menu kamu bisa mendownloadnya pada halaman Microsoft Edge Add-ons berikut.

Ketika sudah diinstall dan dipasang di browser, pada bagian toolbar akan tampil menu download seperti pada gambar berikut.

Dan tentu dengan itu kita bisa membuka files yang didownload lebih cepat tanpa harus meninggalkan halaman yang telah terbuka.

Ekstensi ini tidak terlalu berat, dan cocok untuk digunakan di perangakt dengan RAM yang tidak besar juga.

Nah bagi kamu yang misalkan kangen dengan tombol atau menu download ini ketika pindah ke Edge Chromium, silahkan download saja ekstensi tersebut. Atau jika kamu ada cara lain dan rekomendasi fitur serupa, silahkan kamu komen dibawah guys, dan biarkan pembaca lain mengetahuinya. 😁👍

Source : TMDM, Techdows

  Noise Cancelling Earphone Terbaik! Review Bose QuietComfort Earbuds Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.