Google Chrome akhirnya berusia 10 tahun. Demi merayakan ulang tahun Chrome ke sepuluh (dan tepat memasuki versi 69), Chrome hadir dengan tampilan baru. Chrome kini hadir dengan desain yang lebih rapi dengan dominasi warna putih mengikuti bahasa desain Google yang baru, MD2 (Material Design 2).

Hannah Lee selaku desainer menceritakan proses pembuatan desain di Medium. Tim desainer memulai dengan omnibox, karena disanalah hampir semua orang mengawali menulis sesuatu dan tempat untuk menampilkan URL. Untuk Chrome 69, Lee mempertimbangkan semua aspek tentang kotak (omnibox) ini. Hingga akhirnya Lee dan timnya memutuskan untuk mengganti desain omnibox dari kotak menjadi membulat seolah menggambarkan logo Chrome. Untuk kamu yang mengikuti Canary dan flags di Chrome, kamu pasti sadar ada beberapa model desain dari omnibox sebelum versi 69 ini. 

Setelah itu Lee baru melanjutkan untuk meneliti elemen desain yang cocok, untuk mencari warna abu-abu yang pas saja Lee sampai meneliti 95 gradasi abu-abu. Enam bulan kemudian angka tersebut berkurang menjadi delapan warna abu-abu saja. Baru kemudian dilanjutkan dengan desain ikon, lalu kecepatan dan stabilitas Chrome dengan desain baru ini. Setahun kemudian setelah berkutat dengan kotak-kotak yang tak lagi kotak, akhirnya pekerjaan Lee dan timnya selesai dan menghasilkan Chrome 69 yang sekarang.

Jika kamu berminat untuk membaca ‘curhatan’ Hannah Lee lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi linknya di akhir artikel. Bagi kebanyakan orang, kotak omnibox hanyalah sekedar kotak. Tapi Lee dan timnya menghabiskan setahun untuk mendesain Chrome sampai jadi seperti sekarang ini.

Baca selengkapnya di Medium

via Android Police

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.