Microsoft akan proting API dari XBox DirectStorage ke Windows 10, dan akan merilisnya dengan DirectX 12 Ultimate. Hal ini berguna untuk mengurangi waktu ketika menjalankan aplikasi dan game yang tergolong berat.
Sebagaimana statement dari Microsoft:
NVMe devices are not only extremely high bandwidth SSD based devices, but they also have hardware data access pipes called NVMe queues which are particularly suited to gaming workloads. To get data off the drive, an OS submits a request to the drive and data is delivered to the app via these queues. An NVMe device can have multiple queues and each queue can contain many requests at a time. This is a perfect match to the parallel and batched nature of modern gaming workloads. The DirectStorage programming model essentially gives developers direct control over that highly optimized hardware.
Perangkat terbaru dari Xbox sendiri telah ditenagai oleh Xbox Velocity architecture yang berbasis empat komponen utama yakni NVMe SSD, hardware decompression block, DirectStorage API, and Sampler Feedback Streaming (SFS). Jadi untuk meningkatkan performa gaming di Windows 10, Microsoft memutuskan untuk porting DirectStorage API.
Hal ini karena storage API pada Windows saat ini tidak dioptimalkan untuk NVMe. Jadi jika nantinya DirectX 12 Ultimate dirilis, pengguna NVMe bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan performa gaming.
Source: Microsoft