Selama beberapa minggu terakhir kita tidak henti – hentinya mendapatkan informasi dan kabar dari pengembangan AI terutama Bing Chat, dimana memang kini teknologi ini cukup viral untuk pengguna gunakan, terlebih dengan saingannya Bard yang tampak belum siap Google luncurkan.

Nah mengenai AI, baru baru ini DuckDuckGo salah satu search engine yang mengandalkan keamanan privacy untuk pengguna ini tampaknya juga mengikuti langkah Microsoft, Google dan Baidu, dimana mereka kini memperkenalkan DuckAssist yang menjadi AI Generatif milik mereka sendiri.

Menurut DuckDuckGo atau SpreadPrivacy, DuckAssist ini menjadi yang pertama dari serangkaian AI Assisted Privacy Search yang mana pengguna tidak perlu melakukan login dan tentu mengutamakan privacy pengguna.

DuckAssist ini juga kabarnya akan membantu pengguna untuk mencari jawaban dalam hasil pencarian yang ada di DuckDuckGo, dimana itu mencakup seperti Artikel, Berita, Peta, Cuaca dan banyak hal lainnya. DuckAssist ini juga diintegrasikan sepernuhny akedalam search engine DuckDuckGo dan juga tersedia di Extensi yang sama.

DuckAssist sendiri saat ini masih dalam tahap beta dan masih dalam pengujian terbatas, namun kemungkinan besar pengujian ini akan diperluas untuk semua pengguna dalam waktu dekat.

DuckAssist Bersifat Anonim

Salah satu yang menjadi Highlight dari DuckAssist adalah DuckAssist ini bersifat Anonim, dimana pengguna tidak perlu melakukan login untuk menggunakannya, selain Anonim, layanan ini juga gratis untuk pengguna gunakan.

Sementara itu, untuk cara kerja dari Teknologi AI ini kurang lebih mirip seperti Bing Chat dan ChatGPT, dimana DuckAssist merupakan AI Generatif yang dirancang untuk menghasilkan teks sebagai respon terhadap perintah apapun, terlepas dari apakah itu ‘tahu’ jawabannya atau tidak. Selain itu, DuckAssist inii hanya meringkas informasi yang tersedia di Wikipedia dan sumber terkait lainnya.

Lalu kenapa Wikipedia?, dilansir dari halaman pengumuman resminya, DuckDuckGo mengambil sumber Wikipedia karena selama bertahun tahun, Wikipedia telah menjadi sumber utama untuk jawaban Instan dari “Grafik Pengetahuan” DuckDuckGo dan meskipun mereka tahu bahwa Wikipedia tidak sempurna, Wikipedia relatif dapat diandalkan di berbagai subjek, karena Wikipedia adalah sumber publik dengan proses editorial transparan mengutik semua sumber yang digunakan dalam sebuah artikel.

Jika kamu ingin mencoba, untuk saat ini, DuckAssist beta hanya tersedia dalam bahasa Inggris di aplikasi DuckDuckGo ( iOS , Android , dan Mac ) dan ekstensi browser ( Firefox , Chrome , dan Safari ). Jika uji coba berjalan dengan baik, perusahaan berencana untuk segera meluncurkannya ke semua pengguna Search Engine DuckDuckGo.

Nah bagaimana menurutmu mengenai DuckAssist ini, komen dibawah guys.

Via : DuckDuckGo

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.