Image via Google

Microsoft baru-baru ini mengabarkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan mereka terhadap MSE (Microsoft Security Essentials) pada tanggal 14 januari, 2020. Artinya, dukungan ini berhenti bersamaan dengan sistem operasi Windows 7.

MSE sendiri merupakan aplikasi freeware antivirus buatan Microsoft. MSE memiliki kelebihan dibandingan dengan Windows Defender pada era Windows Vista dan Windows 7, dimana MSE dapat melakukan proteksi terhadap viruses, spyware, rootkits dan trojan. Sementara Windows Defender hanya bisa melakukan scan terhadap spyware dan adware saja. Di Windows 10, MSE dan Windows Defender tergabung dalam aplikasi Windows Security.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Microsoft melalui blognya:

Will Microsoft Security Essentials (MSE) continue to protect my computer after the end of support?

Microsoft Security Essentials (MSE) will continue to receive signature updates after January 14, 2020. However, the MSE platform will no longer be updated. Learn more about MSE.

Jadi pada intinya, Microsoft hanya akan memberikan signature update / virus definition dan tidak akan ada update platform untuk software MSE itu sendiri setelah tanggal 14 januari, 2020

Jadi jika kamu masih menggunakan MSE serta Windows 7 pada tanggal 14 januari tahun depan, disarankan untuk berpindah ke aplikasi antivirus lainnya yang support Windows 7 atau upgrade ke Windows 10.

Source: Microsoft

  Awas jangan sampe salah pilih..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.