Microsoft telah mengadopsi Chromium engine kedalam pengembangan browser Microsoft Edge yang bertujuan memberikan kompatibitas yang lebih baik. Dengan kata lain, Microsoft Edge versi Chromium ini memiliki web engine yang sama dengan Google Chrome.

Hingga saat ini, Microsoft Edge Chromium hanya tersedia dalam status Insider yang didalamnya terdapat beberapa kategori yaitu Beta, Dev, dan Canary. Menurut perkiraan, versi publik akan tersedia pada tanggal 15 januari, 2020 serta tersedia untuk Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, Windows Server (2016 dan diatasnya), Windows Server (2008 R2 hingga 2012 R2), dan macOS.

Semenjak dirilinya versi versi 80.0.351.0, Edge pada channel Canary mendapatkan update dengan memberikan sentuhan warna pada title bar ketika menginstall website sebagai PWA (Progressive Web Apps). Dimana warna title bar ini sesuai dengan warna aksen dari website terkait.

Bagi kamu yang belum tahu, berikut cara menjadikan website sebagai PWA:

  1. Buka Microsoft Edge Chromium.
  2. Buka website yang ingin kamu jadikan sebagai aplikasi.
  3. Navigasi ke menu More yang ditandai dengan 3 titik (•••) dan pilih Apps > Install this site as app.
  4. Kemudian ganti nama apps sesuai keinginan dan pilih opsi Install.
  5. Done, otomatis PWA akan terbuka atau kamu juga bisa mengaksesnya langsung dari Start Menu.

Hingga artikel ini ditulis, update ini hanya tersedia untuk channel Canary saja. Tetapi tentunya channel lain akan mendapatkannya, dimana Dev channel yang mendapatkan update seminggu sekali, dan Beta channel yang mendapatkan update enam minggu sekali.

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.