Enthusias Surface Duo Rilis Serangkaian Driver Baru Untuk Tingkatkan Pengalaman Pengguna!

Seperti yang telah kita tahu, sebelumnya Microsoft Resmi Akhiri Dukungan Surface Duo dimana mulai 12 September 2023 kemarin, Microsoft sudah tidak akan lagi merilis firmware update apapun termasuk update security dan perbaikan pada driver untuk Surface Duo.

Namun kawan kawan, tampaknya enthusias dari pengguna Surface Duo tidak menyerah begitu saja, karena kabarnya Tim DuoWOA kini telah merilis serangkaian driver baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menjalankan Windows di perangkat Surface Duo generasi pertama ini.

Perlu diingat guys, update ini khusus untuk pengguna yang memaksa instalasi Windows 11 di Surface Duo, mengingat perangkat ini awalnya menggunakan OS Android. Dan berkat para developer diluar sana yang mencoba mengembangkan agar perangkat ini bisa menjalankan Windows 11, akhirnya meskipun masih memiliki batasan, Windows 11 bisa berjalan di Surface Duo dan ini menjadi solusi para pengguna perangkat ini yang ingin menggunakan OS berbeda di ponsel lipat mereka.

Untuk langkah instalasi Windows 11 di Surface Duo, kamu bisa langsung meluncur ke halaman berikut.

Perubahan yang dihadirkan

Nah perubahan utama yang dihadirkan Tim DuoWOA ini mencakup perbaikan periferal audio, dukungan Surface Thunderbolt 4 dock, peningkatan UEFI dan masih banyak lagi. Berikut changelognya dikutip dari halaman GitHub resmi Tim DuoWOA:

  • Updates System firmware binaries for Surface Duo 1 to the latest version ever for this device as shipped by Microsoft.
  • Addresses an issue where Audio peripherals such as mics or bluetooth speakers would be broken under Windows 10 Version 2004 or lower
  • Enables support for the Surface Thunderbolt(TM) 4 Docking accessory
  • Further work comitted towards WCOS enablement, nothing to share at the moment
  • (UEFI change) Resolved an issue where the OS may crash and not boot anymore properly on Windows 11 Moment 2 and Moment 3 updates after installing the blacklotus mitigation updates.
  • (UEFI change) Resolved an issue where Windows 10 Version 1809 and lower builds may fail to boot under the uefi environment
  • General system stability improvements to enhance the user’s experience.

Ukuran update ini sendiri adalah sekitar 926 MB dan bisa kamu dapatkan dari halaman berikut. Update ini tentunya menjadi solusi jika kamu masih menggunakan Surface Duo dan ingin menggunakan Windows 11 di perangkat ini.

Kedepannya, mungkin akan ada update lain, entah itu berisi perbaikan, peningkatan tambahan dan lainnya, dan ini adalah hal yang bagus mengingat masih ada yang ingin terus memberikan peningkatan pada Surface Duo sementara Microsoft sendiri telah meninggalkannya.

Bagaimana menurutmu? Komen dibawah guys dan berikan pendapatmu.

Via : GitHub

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli buku saya di Google Play Book

Post navigation