Pada tahun 2016, Facebook memperkenalkan Automatic Alternative Text (AAT) yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk otomatis membuat deskripsi dari foto yang di-upload.

Terbaru, Facebook kabarnya telah meningkatkan kemampuan AI pada AAT, kini AAT dapat mengenali aktivitas, landmark pada sebuah wilayah, jenis hewan, serta beberapa detail lainnya pada sebuah foto. Pengguna tunanetra bisa memanfaatkan fitur ini ketika menggunakan screen reader, yang merupakan fitur untuk mengubah teks menjadi suara.

Selain itu, AAT juga bisa menidentifikasi komposisi pada sebuah foto, misalnya jika terdapat foto yang berisikan empat orang, ATT dapat mendeskripsikannya lebih detail dengan menginformasikan terdapat dua orang pada bagian tengah foto dan dua lainnya pada sisi kanan.

Berdasarkan laporan dari CNET, AAT terbaru ini akan tersedia secara bertahap pada foto yang muncul pada News Feed, Profil, dan Grup di Facebook, dan Feed, Explore, dan Profile di Instagram. Fitur ini juga mendukung 45 bahasa yang berbeda.

  Laptop Terbaik untuk Desain Grafis, Creator, dll..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.