Home News Facebook Ujicoba Tombol ‘Downvote’ untuk ‘Dislike’ Komentar

Facebook Ujicoba Tombol ‘Downvote’ untuk ‘Dislike’ Komentar

Facebook membantah jika tombol downvote ini adalah dislike, tetapi tetap saja tombol ini terlihat seperti dislike.

Facebook Ujicoba Tombol 'Downvote' untuk 'Dislike' Komentar

Sering nggak sih kamu nemuin komentar “parah” di Facebook? Entah itu kasar, rasis, atau komentar lain yang tidak pantas? Tetapi kamu tidak bisa dislike..karena memang hanya ada tombol like di Facebook. Dan mungkin ini akan segera berubah, karena Facebook baru saja menambah tombol downvote di uji coba terbarunya.

Sebagian pengguna Facebook mendapati adanya tombol downvote di komentar akun FB mereka. Nah ini menarik, karena dari dulu Facebook sering dirumorkan bakal menambahkan tombol Dislike, tetapi sampai sekarang tidak pernah terjadi karena Mark Zuckerberg ingin Facebook jadi tempat yang positif bagi penggunanya.

NB: Jangan lupa  Subscribe channel Kepoin Tekno  agar tidak ketinggalan info menarik seputar teknologi lainnya, termasuk berbagai video dari WinPoin.

Tetapi seperti kamu tahu bahwa akhir-akhir ini, fakta yang terjadi adalah Facebook menjadi sarang penyebaran berita hoax atau berita bohong, issue rasial, bahkan komentar provokasi. Facebook pun banyak dikecam karena hal ini, terutama karena algoritma mereka menampilkan status dan komentar, bukan berdasarkan kualitas atau kebenaran isi, tetapi berdasarkan banyaknya engadgement didalamnya. Jadi meskipun berita hoax kalau banyak yang share akan tampil terus, dan walaupun komentar tidak layak kalau banyak yang reply juga bakal tampil diatas.

Nah tombol “Downvote” ini merupakan uji coba Facebook, agar kamu sebagai pengguna FB bisa ngasih semacam dislike untuk komentar-komentar yang kamu anggap tidak pantas.

Facebook Ujicoba Tombol 'Downvote' untuk 'Dislike' Komentar

Jadi seperti yang kamu lihat, di bagian komentar setelah tombol like dan reply ada tombol downvote. Kalau ini di klik, maka akan tampil pilihan apakah komentar tersebut misleading, offensive, off topik, dan sebagainya. Komentar yang kamu downvote kemudian akan disembunyikan sehingga tidak bisa lagi kamu lihat. Artinya kamu tidak akan lagi terganggu oleh komentar tersebut, meskipun orang lain masih bisa melihatnya.

Facebook Ujicoba Tombol 'Downvote' untuk 'Dislike' Komentar

Dan saya meyakini bahwa banyaknya downvote ini akan dijadikan parameter oleh algoritma facebook yang baru untuk menampilkan, menyembunyikan, atau menurunkan posisi komentar. Jadi komentar yang banyak downvote nya, bakal turun posisinya, atau bahkan disembunyikan.

Facebook sudah mengkonfirmasi bahwa memang benar mereka tengah melakukan ujicoba tombol Downvote ini, dan yang jadi “kelinci percobaan” hanya sebagian kecil pengguna Facebook di US.

Kalau tombol downvote ini jadi dirilis ke publik, tentu nantinya kamu bisa downvote berbagai komentar yang kamu anggap tidak pantas. Harapannya, selain komentar tersebut tidak lagi mengganggu kamu, banyaknya downvote juga bakal membuat komentar tersebut hilang atau turun posisinya sehingga tidak mengganggu pengguna Facebook lainnya.

Efeknya bisa positif ya, jadi komentar-komentar rusuh yang sebelumnya malah diangkat oleh facebook, bisa diturunkan posisinya atau bahkan disembunyikan berdasarkan banyaknya downvote yang masuk.

Anyway ini masih sekedar testing dan belum tentu bakal dirilis global. Jadi sampaikan di kolom komentar apakah kamu setuju atau tidak setuju, adanya tombol downvote di Facebook — atau bahkan kamu lebih setuju ada tombol dislike seperti yang ada di YouTube saat ini?

Facebook sendiri membantah bahwa tombol Downvote ini merupakan suatu bentuk dari tombol Dislike. Mereka menyatakan bahwa Downvote merupakan bentuk feedback yang bisa kamu berikan untuk komentar orang lain di Facebook.

via @hudlersocial

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.