Kemarin Google telah merilis Google Chrome 104 dengan sejumlah fitur baru didalamnya, salah satu fiutur baru yang dihadirkan adalah Web Bluetooth API, yang cukup menarik untuk kita bahas kali ini.

Nah API ini kini terintegrasi dengan Permissions Policy yang memberdayakan situs web untuk berkomunikasi dengan perangkat lain melalui bluetooth, namun metodenya bukan dengan cross-origin iframes. Google percaya bahwa dengan API ini, ini akan membuka berbagai jalur produktivitas dan komunikasi tanpa mengorbankan keamanan.

Namun, dilain pihak, Mozilla dan Apple, keduanya memiliki feedback “negatif” tentang API tersebut. Dimana bahkan Apple percaya bahwa API akan menurunkan keamanan dan memungkinkan adanya perilaku fingerprinting yang beresiko pada keamanan pengguna.

Menindak lanjuti hal tersebut, Apple mengatakan bahwa mereka “belum melihat jalan untuk menyelesaikan masalah dari API tersebut”, selain itu Mozilla juga menyuarakan hal yang sama dengan menyebut API tersebut “berbahaya”:

This API provides access to the Generic Attribute Profile (GATT) of Bluetooth, which is not the lowest level of access that the specifications allow, but its generic nature makes it impossible to clearly evaluate. Like WebUSB there is significant uncertainty regarding how well prepared devices are to receive requests from arbitrary sites. The generic nature of the API means that this risk is difficult to manage. The Web Bluetooth CG has opted to only rely on user consent, which we believe is not sufficient protection. This proposal also uses a blocklist, which will require constant and active maintenance so that vulnerable devices aren’t exploited. This model is unsustainable and presents a significant risk to users and their devices.” kata Mozilla.

Mengenai Chrome 104, meskipun versi ini membawa pembaruan yang signifikan, namun sayangnya fitur Web Bluetooth API ini cukup kontroversial, bahkan sampai ditolak oleh Apple dan Mozilla. Namun bagaimana dengan Microsoft dan semua browser yang menggunakan basis Chromium yang sama?, mungkin semuanya akan mengikuti langkah Google, karena sekali lagi, browser Chromium masih satu keluarga yang sama, terkecuali untuk Apple Safari dan Mozilla Firefox.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini?, jika kamu penasaran mengenai Web Bluetooth API, kamu bisa melihat informasi dari Web Bluetooth API pada halaman berikut.

Via : ChromeStatus, Neowin

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.