Mari kita sedikit bahas salah satu hal yang diumumkan bersamaan dengan perilisan Windows 10 Insider Preview Build 21322 Untuk Insider Dev Channel beberapa waktu lalu. Karena seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, pada versi Windows 10 tersebut, folder 3D Object di Sidebar File Explorer Windows 10, akan mulai dihilangkan dan disembunyikan.

Nah selain itu sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa folder tersebut tidak berguna bagi kebanyakan orang, dah bahkan hampir semua pengguna Windows 10 tidak pernah menyentuh folder tersebut, dan beberapa diantaranya bahkan tidak tahu apa fungsi dari adanya folder itu.

Sedikit kita bahas, awalnya folder tersebut dibuat oleh Microsoft dengan tujuan untuk mengintegrasikan Windows Mixed Reality ke Shell Windows 10, dan seiring berjalannya ambisi Microsoft dalam menambahkan teknologi 3D pada layanan mereka, termasuk Paint 3D, Hololens dan lainnya, mereka terus berusaha mempertahankan keberadaan folder tersebut, hingga feedback hub dibanjiri permintaan agar Microsoft menghilangkan folder tersebut di Sidebar File Explorer.

Yap, dihilangkannya folder 3D Object semata mata bukanlah sebuah keputusan yang personal Microsoft berikan, melainkan berdasarkan permintaan banyak orang di feedback hub, hingga akhirnya pada  Windows 10 insider build 21322, mereka mengabulkan permintaan pengguna tersebut.

Folder Bukan Dihapus Melainkan Disembunyikan

Nah salah satu hal yang perlu pengguna tahu adalah folder 3D Object ini bukanlah dihapus ya, melainkan hanya disembunyikan dari posisinya, dan untuk pengguna yang ingin mengaksesnya, pengguna harus masuk ke local user folder atau directory %userprofile%.

Kamu Bisa Hilangkan Folder 3D Object di Windows 10 20H2 dan Versi Dibawahnya Dengan Langkah Ini!

Nah untuk kamu pengguna Windows 10 20H2, kamu sebenarnya sudah bisa menghilangkan folder tersebut loh, cukup ikuti saja langkah berikut untuk menyembunyikannya.

Pertama silahkan kamu buka Registry Editor, lalu silahkan kamu navigasi ke directory berikut:

Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MyComputer\NameSpace

Selanjutnya, silahkan kamu hapus subkey {0DB7E03F-FC29-4DC6-9020-FF41B59E513A}

Baca Juga : Menghilangkan Folder 3D Objects di This PC Windows 10 Fall Creators Update

Nah bagaimana menurutmu mengenai keberadaan folder ini? apakah bermanfaat untuk kamu atau kamu lebih suka agar folder tersebut hilang saja? komen dibawah guys.

Referensi : Neowin, Techdows

  10 Alasan Beli OPPO Band! Smartband Irit Fitur Komplit!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.