Game dengan Proteksi SafeDisk atau SecuROM Kini Tidak Bisa Lagi Dijalankan di Windows (dan Inilah Cara Mengatasinya)

Windows 10 memang tidak bisa digunakan untuk menjalankan game lawas yang terproteksi dengan SafeDisk atau SecuROM. Tetapi kini ternyata hal itu juga ikut merembet ke Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.x.

Hal ini terjadi karena Microsoft telah mematikan support driver terhadap SafeDisk dan SecuROM untuk alasan security. Ini merupakan bagian dari update MS15-097 yang mematikan secdrv.sys driver, driver third party untuk menjalankan SafeDisk dan SecuROM.

Namun demikian bagi kamu yang masih suka memainkan game Red Alert 3 ataupun game lawas lain yang menggunakan SafeDisk dan SecuROM, ada trik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

 

Cara Menjalankan CD Game Lawas di Windows

Caranya sangat mudah sekali. Jadi sebenarnya Microsoft tidak benar-benar menghilangkan secdrv.sys, melainkan hanya menonaktifkannya saja secara default. Dan disinilah kita akan memanfaatkannya.

Jika game lawas yang kamu mainkan gagal karena tidak adanya support proteksi SafeDisk dan SecuROM di Windows, maka sebelum memainkannya pastikan kamu membuka CMD (command prompt) as admin, lalu jalankan command ini:

sc start secdrv

Setelah main kamu bisa mematikannya lagi dnegan menjalankan command ini di CMD

sc stop secdrv

Dengan cara itu kamu tetap bisa memainkan game lawas kesukaan kamu di Windows Vista, Windows 7, Windows 8.x, ataupun Windows 10.

 

Emang Masih Ada yang Suka Maen Game Lawas?

Tapi ngomong-ngomong, memangnya masih ada kah yang masih suka maen game lawas disini? Game apa itu? Dan kenapa tetap menyukainya?

Bagikan pendapat kamu disini.

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.