Home Apps Google Chrome Menghabiskan RAM? Ini Cara Mengatasinya

Google Chrome Menghabiskan RAM? Ini Cara Mengatasinya

4 Tips untuk Mempercepat Google ChromeJika kamu adalah pengguna browser buatan Google yakni Chrome, pastinya pernah dong mangalami kendala seperti Hang / Freeze pada saat saat menggunakan browser tersebut?

Memang harus diakui, browser Chrome merupakan salah satu browser tercepat saat ini, tetapi terkadang Chrome menyedot banyak sekali resource termasuk RAM, sehingga jika sudah mencapai batas tertentu PC kamu bisa terasa sangat lemot, bahkan dalam skenario terburuk bisa mengalami Hang / Freeze.

Chrome merupakan browser yang unik karena setiap tab, plugin, dan extension yang sedang kamu buka atau jalankan memiliki proses tersendiri. Nah, hal inilah yang membuat browser Chrome terasa stabil dan kencang karena setiap proses dilakukan secara terpisah.

Google Chrome Menghabiskan RAM PC Kamu? Beginilah Cara Mengatasinya

Walaupun sudah memiliki proses yang terpisah, akan tetapi ada kalanya Chrome menghabiskan cukup banyak RAM. Nah, pada kesempatan kali ini WinPoin akan berikan cara mengatasi hal tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu masalah / penyebab kenapa Chrome menghabiskan RAM PC milikmu. Dari sekian banyak tab, plugin, dan extension yang sedang kamu gunakan, apakah salah satu diantaranya ada yang menghabiskan RAM lebih dari biasanya atau tidak. Kamu bisa mengetahuinya melalui Task manager milik Chrome.

Buka opsi More (titik tiga pada bagian kanan atas), lalu pilih opsi More tools diikuti oleh Task manager — atau untuk cara yang lebih mudah kamu cukup gunakan shortcut (Shift + Esc)

Google Chrome Menghabiskan RAM PC Kamu? Beginilah Cara MengatasinyaSetelah itu, jika ada hal yang menurut kamu kurang wajar silakan hentikan proses tersebut, dengan demikian maka kamu bisa mengurangi jumlah RAM yang sedang digunakan oleh Chrome. Bahkan jika ternyata penyebabnya adalah ekstensi yang tidak kamu butuhkan, atau sangat jarang kamu gunakan, kamu bisa hapus saja ekstensi tersebut dari Chrome.

Google Chrome Menghabiskan RAM PC Kamu? Beginilah Cara Mengatasinya

Selain hal di atas, lakukan juga beberapa tips yang pernah WinPoin berikan beberapa ke kamu beberapa waktu lalu (Baca: 4 Tips untuk Mempercepat Google Chrome)

Kombinasi monitoring proses melalui Chrome Task Manager dan mengaplikasikan 4 tips yang pernah WinPoin bagikan sebelumnya, bisa mengurangi penggunaan RAM oleh Google Chrome.

Bagaimana, apakah tips di atas sudah mengurangi masalah kamu? Jika kamu punya tips lainnya, silakan bagikan di kolom komentar.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '