Google Chrome Punya Malware Scanner, Ini Cara Menggunakannya

Tidak banyak yang tahu bahwa di dalam browser Chrome, Google telah menanamkan Malware Scanner besutan ESET. Sama seperti malware scanner pada umumnya, kamu bisa menggunakannya untuk menemukan malware di PC kamu. Tetapi tentu malware yang jadi sasaran utama dari browser Chrome adalah malware yang menginfeksi browser Chrome, seperti yang menampilkan popup, menyisipkan iklan, mengganti default search engine, memperlambat kinerja browser, dan semacamnya.

Sebenarnya malware scanner Google Chrome ini berjalan rutin dan otomatis secara background, tetapi kamu juga bisa melakukan scan malware secara manual kapanpun kamu inginkan.

Jadi jika kamu merasa ada yang tidak beres dengan Google Chrome, seperti ada banyak popup iklan, mesin pencari utama yang berganti-ganti sendiri, atau Chrome terasa sangat lambat, kamu bisa menjalankan ESET Malware Scanner yang sudah terintegrasi didalam Google Chrome.

Caranya tinggal buka saja halaman ini

chrome://settings/cleanup

Atau cukup kunjungi Settings > Advanced > scroll ke bawah sendiri dan pada bagian Reset and clean up > pilih Clean up computer

Setelah itu kamu tinggal klik saja Find.

Google Chrome Punya Malware Scanner, Ini Cara Menggunakannya

Malware Scanner bakal langsung berjalan, mencari aplikasi atau malware yang ada di PC, dan jika menemukan, kamu bisa langsung melakukan clean-up untuk memberantas malware tersebut. Tetapi jika tidak ada malware, maka akan ditampilkan status bahwa PC bersih dan tidak ada software / malware berbahaya yang ditemukan.

Google Chrome Punya Malware Scanner, Ini Cara Menggunakannya

Bagaimana, sudah mencoba malware scanner bawaan Google Chrome ini?

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.