Google Perkenalkan Cara Baru Untuk Hapus Informasi Diri dari Hasil Pencarian

Apakah kamu ingin terlihat misterius dengan sepenuhnya menghilang dari hasil pencarian Google?, Jika iya maka ada kabar baik nih guys, karena Google baru baru ini mengumumkan fitur baru yang telah ditambahkan ke tool result about you yang telah diperkenalkan tahun 2022 lalu.

Dengan kemampuan baru ini, ini akan memungkinkan pengguna untuk menghapus nomor telepon pribadi, alamat rumah, dan email pengguna dari halaman pencarian Google.

"Dalam beberapa hari mendatang, kami akan meluncurkan dasbor baru yang akan memberi tahu Anda jika hasil web dengan informasi kontak Anda muncul di Penelusuran. Kemudian, Anda dapat dengan cepat meminta penghapusan hasil tersebut dari Google  langsung di alat. Kami juga akan memberi tahu Anda saat hasil baru dari web yang berisi info kontak Anda muncul di Penelusuran, untuk memberi Anda ketenangan pikiran." ungkap Google. 

Dan meskipun memang dalam penghapusan ini masih terbatas pada nomor telepon pribadi, alamat rumah, dan email pengguna, namun tentunya ini adalah sebuah hal yang cukup penting dalam menjaga informasi penting diri kita dari tersebarnya di halaman pencarian Google. Kedepannya mungkin akan ada komponen lain yang akan ditambahkan, jadi mari kita lihat saja kedepannya akan seperti apa.

Selain itu perlu diperhatikan juga bahwa Result about you ini masih berstatus Beta dan baru tersedia di region US saja, namun kabarnya akan ada lebih banyak region dan bahasa yang akan ditambahkan dalam waktu dekat.

Bagaimana jika konten pribadi tersebar di Google?

Jika kamu adalah manusia normal dan tidak menjual konten ++ di Internet dan kebetulan sedang sial dan konten yang harusnya kamu kirim ke orang terkasih justru tersebar dan masuk dalam halaman pencarian Google, Google telah menyediakan form untuk menghapus gambar pribadi kamu yang bersifat vulgar atau intim dari Google Search yang informasi dan aksesnya bisa kamu lihat pada halaman berikut.

Selain itu, langkah ini juga bisa bermanfaat jika ada konten kamu yang dipublikasikan di tempat lain tanpa persetujuan, jadi untuk kamu nih yang ada konten private yang tidak sengaja tersebar di Google, jangan panik dan jangan putus harapan, karena masih ada banyak langkah yang bisa kamu coba untuk menghapus konten tersebut.

Via : Google

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli buku saya di Google Play Book

Post navigation