Google Segera Merilis Brilio, Sistem Operasi IoT untuk Mengalahkan Windows 10 IoT Core

Gegap gempita Internet of Things (IoT) semakin terdengar riuh. Sebagai raksasa teknologi Microsoft tentunya tidak ingin tertinggal dan kini mereka tengah sibuk mengembangkan Windows 10 IoT Core. Google-pun ternyata tidak ingin melewatkan pesta dengan segera merilis Brilio, sistem operasi yang didesain khusus untuk device IoT

 

Mampu Berjalan di RAM 32MB Saja

Brilio ini nantinya bisa digunakan di berbagai device berukuran kecil dengan spesifikasi minim khas IoT.

Brilio dikabarkan bakal mampu berjalan di device IoT dengan RAM sekitar 32 MB atau 64 MB saja. Rencananya Brilio bakal diumumkan oleh Google pada event I/O Developer Conference yang diadakan bulan ini.

 

IoT Semakin Mendekatkan Teknologi Kepada Kita

Baik Brilio maupun Windows 10 IoT Core memang khusus didesain untuk Internet of Things yang secara spesifikasi, resource, power, dan ukuran cukup jauh dibawah PC.

Device IoT ini nantinya bisa ditanamkan di berbagai benda sehari-hari untuk membuatnya semakin cerdas dan terkoneksi dengan internet. Mungkin tidak lama lagi kursi kita bakal otomatis mengatur sudut kemiringannya agar kita menjadi nyaman, lampu rumah otomatis mengubah warnanya sesuai mood status kita di Facebook, bahkan mungkin suatu saat kamu bisa memerintahkan Cortana untuk mengunci semua pintu rumah. Dengan IoT maka teknologi menjadi semakin dekat dengan kehidupan kita.

via theinformation

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.